Eksplorasi Migas Ancam Kelestarian Paus dan Lumba-lumba Mediterania
Ilustrasi paus. (Pixabay/ArtTower)

Bagikan:

JAKARTA - Greenpeace pada Hari Rabu memperbarui seruan terhadap usulan eksplorasi minyak dan gas (Migas) laut dalam di lepas pantai barat daya Yunani, memperingatkan konsekuensi "tak tertahankan" bagi paus dan lumba-lumba Mediterania yang terancam punah.

Pejabat Greenpeace Yunani Kostis Grimanis mengatakan proyek itu harus dibatalkan sebelum "mulai menghancurkan Mediterania."

Seruan itu datang ketika kelompok lingkungan menerbitkan penelitian baru tentang populasi mamalia laut di bagian Palung Hellenic yang dalam, termasuk daerah yang akan terpengaruh oleh prospeksi.

Proyek musim panas tiga minggu, bekerja sama dengan Pelagos Cetacean Research Institute yang berbasis di Athena, mendeteksi 35 paus sperma yang terancam punah dan lusinan lumba-lumba - beberapa terancam - di kedalaman hingga 4.200 meter (13.800 kaki).

Greenpeace mengatakan, cetacea yang peka terhadap suara, paus dan lumba-lumba, akan berisiko terkena ledakan sonik yang memekakkan telinga yang digunakan dalam pencarian bawah laut.

Namun, pejabat Yunani menentang bahwa perlindungan lingkungan yang ketat akan dipatuhi. Pada tahun 2019, Yunani memberikan hak eksplorasi untuk dua blok dasar laut di selatan dan barat daya Pulau Kreta kepada konsorsium perusahaan energi TotalEnergies dan ExxonMobil dengan Hellenic Petroleum dari Yunani.

Para pemerhati lingkungan telah memprotes pada saat itu, juga menyoroti potensi risiko tumpahan dari pengeboran air dalam. Pencarian prospek belum dimulai, dan tidak jelas kapan akan dilakukan, meskipun konsesi menyatakan itu harus dilakukan di musim dingin, untuk mengurangi dampak periode pembiakan cetacea.

Grimanis dari Greenpeace mengatakan, proyek itu berarti “mengekspos spesies yang terancam punah dan ekosistem penting, terhadap kebisingan dan polusi yang tak tertahankan dari ledakan seismik dan operasi pengeboran laut dalam.”

"Dan untuk apa? Untuk terus membakar minyak dan gas, salah satu sumber energi paling kotor dan paling mahal, ketika krisis iklim menuntut kita segera meninggalkannya," kritiknya mengutip AP 15 Desember.

Palung Hellenic mencakup perairan terdalam Mediterania, mencapai 5.267 meter (17.300 kaki) dan merupakan habitat penting bagi beberapa ratus paus sperma di laut, dan untuk cetacea lain yang sudah terancam oleh penangkapan ikan, tabrakan dengan kapal, dan polusi plastik.

Mamalia ini sangat sensitif terhadap kebisingan bawah air yang dihasilkan oleh survei seismik untuk bahan bakar fosil, di mana gelombang suara dipantulkan dari dasar laut untuk menemukan potensi deposit. Sonar yang digunakan oleh kapal perang telah terbukti memiliki efek mematikan pada paus, dan para ahli mengatakan survei seismik dapat melakukan hal yang sama.

Yunani berharap untuk meningkatkan pendapatan dan mencapai keamanan energi yang lebih besar melalui minyak dan gas lepas pantai, dan masalah hak eksploitasi bawah laut telah lebih jauh meracuni hubungan dengan negara tetangga Turki yang mengklaim sebagian besar Mediterania Timur sebagai miliknya.

Namun demikian, pernyataan Greenpeace Rabu mendesak Athena untuk "segera" membatalkan "semua rencana bahan bakar fosil."

"Setiap investasi baru dalam gas fosil 'baik' yang diiklankan secara salah akan dalam beberapa tahun menjadi aset terdampar dengan konsekuensi yang mengerikan bagi ekonomi dan sumber daya alam negara itu," katanya.