Bagikan:

JAKARTA - Janji Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran untuk fasilitasi balap liar di Jakarta bukan isapan jempol semata. Buktinya, ajang ini akan digelar pada tahun depan.

"Rencananya lomba ini akan kita gelar di bulan Januari 2022," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Jumat, 17 Desember.

Dengan sisa waktu yang tinggal sedikit, kata Sambodo, pihaknya bakal mengebut semua persiapan. Sejauh ini, prosesnya tinggal menentukan format balapan dan aturan lainnya.

"Mulai dari minggu depan ini kita mulai sudah masuk timeline untuk kemudian kita laksanakan balapan resmi tersebut," kata Sambodo.

Bahkan, rencananya balapan ini tidak hanya dilakukan sekali. Tetapi, rutin dilakukan agar tidak ada lagi aksi balapan liar yang membahayakan.

"Jadi rencananya ini akan berkelanjutan, mungkin racenya per tiga bulan sekali, nanti di akhir tahun di race keempat itu adalah final," kata Sambodo.

"Tidak menutup kemungkinan juga nanti disitu bisa dicetuskan bahwa ada satu tempat yang memang disediakan untuk digunakan setiap malam minggu untuk balapan disitu setiap malam minggu secara resmi," sambungnya.

Sebelumnya, polisi sudah mengantongi beberapa lokasi yang kemungkinan dijadikan tempat untuk sirkuit balapan. Lokasi itu mulai dari kawasan Jakarta hingga Tangerang.

"Ada di salah satunya Kemayoran, Ancol, di BSD kemudian PIK 2, ada beberapa lokasi," ujar Sambodo.

Tapi, untuk menentukan lokasi yang akan dipilih untuk menjadi sirkuit guna memfasilitasi balap liar, mesti melalui proses penggodokan dengan beberapa instansi terkait. Nantinya, hal itu akan dibahas dalam Focus Group Discussion (FGD). Terlebih untuk menentukan skema dari balapan tersebut.