Anies Antisipasi Angka Kelahiran Membludak Akibat Pandemi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Humas DKI Jakarta)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI untuk mengantisipasi tingginya angka kelahiran akibat pandemi COVID-19.

Sebab, penerapan masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta membuat masyarakat lebih banyak berkegiatan di rumah. Karena banyak para pekerja yang memiliki banyak waktu di rumah, maka potensi kehamilan meningkat.

"Angka kehamilan meningkat. Ini fakta di seluruh dunia. Kita ini, jangan sampai situasinya adalah kita tidak mengantisipasi perubahan. Kalau tidak antisipasi, repot sekali," ucap Anies dalam rapat yang ditayangkan Youtube Pemprov DKI, dilihat pada Selasa, 18 Agustus.

Lalu, Anies meminta Asisten Sekretaris Daerah Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Catur Laswanto untuk memproyeksikan jumlah kehamilan ibu di Jakarta hingga kelahiran. 

Kemudian, Anies menyebut perlu ada persiapan tempat tidur untuk proses persalinan dalam beberapa bulan ke depan, dilihat dari proyeksi angka kelahiran tersebut.

"Proyeksikan bulan Maret sampai Agustus ini, jumlah kehamilannya berapa. Jangan sampai 9 bulan kemudian puskesmas kita kekurangan tempat," ungkap Anies.

Selain itu, Anies juga meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI mengumpulkan para bidan yang ada di DKI untuk mengantisipasi membludaknya angka kelahiran di masa pandemi.

"Rumah bidan dikumpulkan, ajak kerja sama dengan pemerintah. Antisipasi tingkat kelahiran yang meningkat," ucap dia.

Lebih lanjut, Anies juga meminta Dinkes DKI memprioritaskan kesehatan ibu dan anak dalam program kerja mereka. Sebab, setelah masa kelahiran, ibu dan anak ini membutuhkan penanganan kesehatan khusus seperti imunisasi.

"Ada problem baru. Imunisasi sudah enggak bisa seperti sebelumnya. Cara melayani berubah sekali (dengan menerapkan protokol kesehatan, red)," ucap Anies.

"Karena itu, saya minta semua jajaran baca implikasi pandemi pada tiap urusan masing-masing. Jadi, di tiap sektor bapak ibu akan menemukan perubahan dan akan ketemu inspirasi yang relevan dengan bapak ibu semua," tutup dia.

Angka kehamilan meningkat. Ini fakta di seluruh dunia.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan