Pemkab Lombok Tengah Salurkan Bantuan Paket Sembako ke Ratusan KK Terdampak Banjir
Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri saat menyerahkan bantuan kepada warga di Desa Sukadana (ANTARA)

Bagikan:

LOMBOK - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, menyalurkan bantuan paket sembako kepada korban banjir di Desa Pengembur dan Desa Sukadana.

"Bantuan paket sembako itu diberikan kepada 84 kepala keluarga (KK) di Desa Pengembur dan 70 KK di Desa Sukadana, Kecamatan Pujut," kata Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri usai menyerahkan bantuan di Praya, Antara, Rabu, 15 Desember.

Ia mengatakan dirinya sudah meminta kepada badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) untuk mendata jumlah warga terdampak dan dampak yang ditimbulkan banjir. Pemerintah daerah sendiri akan segera melakukan perbaikan terhadap beberapa ruas jalan yang tertimbun dan rusak sepanjang itu menjadi kewenangan daerah.

"Kalau kerusakan infratruktur yang bukan kewenangan pemerintah daerah, akan segera dikoordinasikan dengan pemerintah di atasnya, seperti Pemerintah Provinsi NTB dan pemerintah pusat," katanya.

Pemerintah daerah sudah menurunkan alat berat untuk mengatasi kerusakan dan melakukan pengerukan terhadap saluran yang tertimbun tanah dan bebatuan.

"Jalan yang rusak akan segera diperbaiki," katanya.

Kepala Desa Sukadana Syukur mengatakan dampak yang ditimbulkan dari banjir tersebut adalah tergerusnya sejumlah ruas jalan akibat air, bahkan jalan bypass Awang-Kuta terputus. Disamping berdampak kepada rusaknya infratruktur jalan, sejumlah rumah warga juga mengalami kerusakan.

Karena itu dia berharap agar pemerintah daerah segera turun meninjau kondisi di lapangan dan melakukan tindakan perbaikan secepatnya sebab akan mengganggu akses jalan menuju dan keluar dari Sukadana.

"Alhamdulillah pak bupati sudah turun dan tanggap atas musibah yang dialami warganya" ujarnya. Di Desa Sukadana terdapat beberapa dusun terdampak banjir, di antaranya Songgong, Petiwong, Bajak, Serupe, Montong dan Dusun Pogem.