Kaltim Diprakirakan Hujan Lebat Disertai Petir Hari Ini
ILUSTRASI PIXABAY

Bagikan:

BALIKPAPAN - Sejumlah wilayah di Kalimantan Timur (Kaltim) diprakirakan mengalami hujan lebat hingga hujan petir pada Selasa hingga Rabu. Warga diminta waspada terhadap dampak dari peristiwa tersebut.

"Dampak yang mungkin ditimbulkan adalah jalan licin, banjir, pohon tumbang, tanah longsor, dan lainnya," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan Carolina Meylita di Balikpapan dikutip Antara, Senin, 13 Desember.

Peringatan dini terhadap prakiraan hujan lebat dan hujan petir tersebut sudah disampaikan ke kabupaten/kota, terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar bisa dilakukan langkah antisipasi.

Sejumlah kawasan tersebut antara lain di Kecamatan Long Hubung, Kabupaten Mahakam Ulu diprakirakan terjadi hujan lebat pada Selasa, pukul 17.00 WITA.

Kemudian Kabupaten Paser pada Selasa pukul 14.00 diprakirakan hujan petir di Kecamatan Long Kali dan Muara Samu. Di hari dan jam yang sama juga terjadi di Kecamatan Babulu dan Waru pada Kabupaten Penajam Paser Utara.

Di Kabupaten Kutai Timur, hujan petir diprakirakan pada Selasa pukul 14.00 WITA di Kecamatan Karangan, Muara Wahau, dan Busang. Pukul 17.00 WITA di Kecamatan Kongbeng, Muara Wahau, dan Busang.

Pukul 20.00 WITA di Kecamatan Batu Ampar, Kaliorang, Karangan, Kongbeng, Muara Wahau, Sandaran, Sangkulirang, Bengalon, Busang, Kaubun, Long Mesengat, Muara Bengkal, Rantau Pulung, Sangatta Utara, Sangatta Selatan, dan Telen.

Pukul 23.00 WITA terjadi di Kecamatan Kaliorang, Karangan, Kongbeng, Sandaran, Sangkulirang, Bengalon, Kaubun, Rantau Pulung, Sangatta Utara, dan Sangatta Selatan.

Pukul 02.00 WITA atau Rabu dini hari di Kecamatan Batu Ampar, Kaliorang, Karangan, Kongbeng, Muara Wahau, Sandaran, Sangkulirang, Bengalon, Busang, Kaubun, Rantau Pulung, Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Telen, dan jam 5 subuh di Kecamatan Kongbeng.

Untuk Kabupaten Kutai Barat, kata Carolina, pada Selasa pukul 17.00 WITA, terjadi hujan lebat di Kecamatan Long Iram dan Linggang Bigung, kemudian pukul 23.00 WITA, hujan petir di Kecamatan Penyinggahan.

"Di Kabupaten Berau, hujan petir antara lain terjadi pada Rabu pukul 02.00 dini hari di Kecamatan Kelay, Tanjung Redeb, Batu Putih, Biduk-Biduk, Gunung Tabur, Sambaliung, Segah, dan Teluk Bayur," ujar Carolina.