DPC Pelopor Adalah Sebutan dari DPP PDIP yang Pileg Lalu Menang di Atas 20 Persen
Dok PDIP

Bagikan:

JAKARTA - PDI Perjuangan menggelar agenda konsolidasi dengan Dewan Pimpinan Cabang (DPC). Kegiatan ini sesuai dengan arahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri agar konsolidasi terus menerus dilakukan.

Hal ini disampaikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat membuka konsolidasi DPC PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Agenda ini merupakan gelombang pertama dari tiga gelombang kegiatan yang akan dilaksanakan.

Hasto mengatakan konsolidasi penting dilaksanakan terutama bagi DPC PDIP yang meraih suara di atas 20 persen saat pemilu legislatif (Pileg) 2019. Sebab, mereka akan ditugaskan langsung ke pertempuran pemilihan umum yang akan datang.

"Agenda ini penting. Pertemuan hari ini dilaksanakan dalam rangka menjalankan perintah dan arahan Ibu ketua umum bagaimana partai terus bergerak ke bawah, menjadi penyambung aspirasi rakyat dan memerjuangkan kebijakan publik bagi kepentingan rakyat," kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 11 Desember.

Hasto mengatakan DPC PDIP yang meraih kemenangan di atas 20 persen saat Pileg 2019 lalu sebagai DPC pelopor. Alasannya, cabang tersebut nantinya akan menjadi penggerak bagi wilayah lainnya.

"DPC dengan perolehan 20 persen ini jadi penggerak bagi bagi DPC sekitarnya. Maka disebut DPC Pelopor. Partai pelopor harus memiliki disiplin organisasi, ideologi, teori, gerakan dan tindakan. DPC pelopor ini juga harus menunjukkan apakah sudah rekruitmen anggota dengan baik, melakukan pendidikan politik, dan kaderisasi," ungkapnya.

Lebih lanjut, dengan pelatihan ini diharapkan seluruh DPC pelopor akan bergerak dalam satu komando. Selain itu, Hasto meminta kader dan anggota partai untuk terus berpegang teguh pada ajaran Presiden Pertama RI Soekarno dan pesan ketua umum partai.

Sehingga, ke depannya rintangan yang ada jelang Pemilu 2024 bisa diselesaikan. "Seluruh anggota dan kader Partai juga mensosialisasikan kebijakan Presiden Jokowi di tengah rakyat. Terutama bagaimana presiden menaruh perhatian yang begitu besar didalam mengatasi pandemi," jelasnya Hasto.

Tak hanya itu, para DPC pelopor ini juga diharap dapat berinisiatif dan mampu membagi pengalaman dengan sesama kader.

"Jadi konsolidasi DPC dengan angka perolehan 20 persen ini sangat penting. Peserta diberikan keseluruhan aspek perjuangan kepartaian, strategi pemenangan pemilu, dan juga pentingnya kekuatan progresif dari pemuda-pemudi Indonesia bagi kemajuan bangsa melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kedepankan riset dan inovasi," pungkasnya.