Kritik Kampanye Militer China Provokatif, Pejabat Pentagon Sebut Peningkatan Pertahanan Taiwan Mendesak
Ilustrasi bendera China dan Taiwan. (Sumber: Stanford News.edu)

Bagikan:

JAKARTA - Memperkuat pertahanan Taiwan adalah tugas mendesak dan penting untuk mencegah ancaman invasi oleh China, pejabat tinggi Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) untuk Asia mengatakan pada Hari Rabu, menambahkan mitra AS meningkatkan kehadiran militer mereka di wilayah tersebut.

Ketegangan antara Taiwan dan China telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir, seiring Beijing meningkatkan tekanan pada pulau yang diklaimnya sebagai miliknya dengan misi udara berulang di atas Selat Taiwan, jalur air pemisah Taiwan yang diperintah secara demokratis dari China.

"Tanpa pertanyaan, memperkuat pertahanan diri Taiwan adalah tugas mendesak dan fitur penting pencegahan," Asisten Menteri Pertahanan AS untuk Urusan Keamanan Indo-Pasifik Ely Ratner mengatakan pada sidang Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS, mengutip Reuters 9 Desember.

Ratner mengatakan, kampanye militer China lewat udara dan laut di sekitar Taiwan 'sengaja provokatif', meningkatkan kemungkinan salah perhitungan antara angkatan bersenjata di kawasan Indo-Pasifik.

"Mereka membahayakan kemakmuran dan keamanan kawasan, merupakan bagian dari pola paksaan dan agresi militer RRC terhadap sekutu dan mitra AS lainnya di kawasan itu, termasuk India, Jepang, Filipina dan Vietnam," papar Ratner, merujuk ke Republik Rakyat Cina.

"Kami melihat negara-negara meningkatkan kehadiran militer mereka di kawasan itu dan kesediaan mereka untuk mendukung pencegahan dengan cara yang belum pernah kami lakukan sebelumnya," terang Ratner, menyebutkan kegiatan militer bersama dengan Kanada, Inggris dan Jepang.

Amerika Serikat tidak memiliki hubungan formal dengan Taiwan, tetapi merupakan pemasok senjata terbesarnya dan telah berusaha untuk mengukir lebih banyak ruang untuknya dalam sistem internasional, dalam menghadapi meningkatnya upaya Beijing untuk mengisolasi Taipei.

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden menyebabkan kegemparan pada Bulan Oktober ketika dia mengatakan Amerika Serikat, yang diwajibkan oleh undang-undang 1979 untuk memberi Taiwan sarana guna membela diri, akan membela diri jika China menyerang.

Pernyataan itu tampaknya menyimpang dari kebijakan lama 'ambiguitas strategis' yang dipegang Washington, tidak menjelaskan bagaimana Amerika Serikat akan merespon, meskipun Gedung Putih dengan cepat mengatakan Presiden Biden tidak menandakan perubahan dalam kebijakan.

Beberapa anggota parlemen AS, termasuk ketua Demokrat dari Komite Intelijen DPR yang berpengaruh Adam Schiff, telah mendesak pemerintahan Pemerintahan Presiden Biden untuk tidak terlalu ambigu.

Sementara, saat ditanya oleh ketua komite, Senator Bob Menendez, apakah kebijakan itu harus diubah, Ratner mengatakan dia yakin itu tidak akan memperkuat pencegahan secara berarti.

Ketika lebih jauh ditanya apa yang dilihatnya sebagai risiko terbesar bagi Taiwan, Ratner menjawab: "Tantangan China adalah masalah hari ini, masalah besok, masalah 2027, masalah 2030, masalah 2040 dan seterusnya. Saya tidak berpikir ada tanggal yang harus kita pilih di kalender dan kita harus memastikan bahwa kita mempertahankan pencegahan mulai hari ini," pungkasnya.