Di Hadapan Jokowi, Firli Bahuri Pamer Selamatkan Negara dari Kerugian Keuangan hingga Rp2,6 Triliun Selama 2021
Gedung KPK (VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri memamerkan capaian kerjanya di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selama 2021, dia mengatakan telah berhasil menyelamatkan keuangan negara hingga triliun rupiah.

Hal ini disampaikannya dalam acara peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2021 di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

"Dalam kegiatan membantu pemerintah untuk meningkatkan pendapatan negara, KPK telah menyelamatkan pengembalian kerugian negara sebesar Rp2,6 triliun untuk tahun 2021," kata Firli dalam sambutannya, Kamis, 9 Desember.

Selain itu, eks Deputi Penindakan KPK ini juga mengatakan komisi antirasuah telah berhasil menyelamatkan negara dari potensi kerugian keuangan hingga Rp46,5 triliun.

Lebih lanjut, Firli juga sempat memaparkan pelaporan untuk mencegah terjadinya tindak korupsi di kementerian atau lembaga mencapai 97,2 persen dengan tingkat kepatuhan lembaga eksekutif mencapai 92,46 persen; yudikatif 96,78 persen; legislatif 89,51 persen; dan BUMN 95,97 persen.

Terakhir, dia juga melaporkan jumlah pelaporan gratifikasi oleh penyelenggara negara. Firli bilang, di tahun ini ada 1.838 laporan yang dibuat dengan nilai Rp7,48 miliar di mana Rp1,8 miliar di antaranya ditetapkan sebagai milik negara.

"Kami sungguh berterima kasih kepada penyelenggara negara yang telah melaporkan gratifikasi," pungkasnya.