Tiba di Gedung KPK, Presiden Jokowi Disambut Firli Bahuri dan Karpet Merah
Presiden Jokowi hadir di acara Hari Antikorupsi Sedunia (Wardhany Tsa Tsia/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kuningan Persada, Jakarta Selatan. Ia akan membuka peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2021.

Pantauan VOI, Presiden Jokowi hadir sekitar pukul 08.45 WIB. Ia tampak menggunakan batik berwarna cokelat dan memakai masker dengan warna senada.

Setibanya di lobby gedung, eks Gubernur DKI Jakarta tersebut disambut oleh Ketua KPK Firli Bahuri yang tampak menggunakan batik berwarna merah. Tak hanya itu, karpet merah juga digelar untuk menyambut kehadirannya.

Tak ada sepatah kata pun yang disampaikan keduanya, mereka langsung ke dalam gedung. Selain Jokowi, sejumlah pejabat juga hadir seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Kapolda Metro Jaya Fadil Imran.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi akan membuka peringatan Hari Antikorupsi Sedunia. Sementara Wakil Presiden Ma'ruf Amin nantinya kebagian menutup acara tersebut.

Kegiatan ini akan mengusung tema Satu Padu Bangun Budaya Antikorupsi. Dalam pelaksanaannya, acara tak hanya akan digelar di Jakarta tapi rangkaiannya juga dilaksanakan di Kendari, Banjarmasin, Pekanbaru, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Adapun kegiatan rutin tahunan tersebut akan dilaksanakan secara hybrid atau luring dan daring. Para undangan yang hadir langsung di Gedung Merah Putih KPK nantinya harus menerapkan protokol kesehatan ketat karena pandemi COVID-19 masih terjadi.

Sebagai informasi, pada peringatan Hakordia 2019, Jokowi sempat absen dan digantikan oleh Wapres Ma'ruf Amin untuk membuka kegiatan ini.

Saat itu, Jokowi lebih memilih hadir dalam peringatan hari antikorupsi di sebuah SMA di Jakarta yang acaranya diisi pertunjukkan drama dengan para menteri di Kabinet Indonesia Maju sebagai pemerannya.

Sementara pada Hakordia 2020, Presiden Jokowi hanya menyampaikan kata sambutan secara daring. Penyebabnya, penyebaran COVID-19 sedang masif terjadi di Tanah Air.