Presiden Jokowi Bakal Hadir di Acara Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di KPK
Presiden Jokowi/FOTO via BPMI Setpres

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan mendatangi gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis, 9 Desember. Jokowi akan membuka kegiatan peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2021.

"Presiden Joko Widodo akan membuka kegiatan tersebut secara langsung," kata Plt Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati kepada wartawan, Rabu, 8 Desember.

Tak hanya itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin direncanakan akan hadir untuk menutup kegiatan. Sama seperti Jokowi, mantan Rais Aam PBNU itu akan hadir secara langsung.

Ada pun kegiatan rutin tahunan tersebut akan dilaksanakan secara hybrid atau luring dan daring. Ipi mengatakan, undangan yang hadir langsung nantinya harus menerapkan protokol kesehatan ketat karena pandemi COVID-19 masih terjadi.

"Rangkaian kegiatan juga akan disiarkan secara langsung dan masyarakat dapat mengikutinya melalui akun YouTube KPK," ungkapnya.

Sebagai informasi, pada peringatan Hakordia 2019, Jokowi sempat absen dan digantikan oleh Wapres Ma'ruf Amin untuk membuka kegiatan ini.

Saat itu, Jokowi lebih memilih hadir dalam peringatan hari antikorupsi di sebuah SMA di Jakarta yang acaranya diisi pertunjukkan drama dengan para menteri di Kabinet Indonesia Maju sebagai pemerannya.

Sementara pada Hakordia 2020, Presiden Jokowi hanya menyampaikan kata sambutan secara daring. Hal ini diakibat pandemi COVID-19 sedang terjadi di Tanah Air.

Sebelumnya, peringatan Hakordia tahun ini mengusung tema Satu Padu Bangun Budaya Antikorupsi. Dalam pelaksanaannya, acara tak hanya akan digelar di Jakarta tapi juga di Kendari, Banjarmasin, Pekanbaru, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).