Dijuluki Presiden Para Pendosa Oleh Anak 'Bandel,' Reaksi Gus Miftah Kalem: Jelas, Saya Banyak Dosa
Unggahan Gus Miftah (Foto: Instagram pribadi @gusmiftah)

Bagikan:

JAKARTA - Unggahan Miftah Maulana Habiburrahman atau lebih dikenal dengan Gus Miftah bikin netizen terharu. Bagaimana tidak, Gus Miftah oleh sekumpulan anak-anak 'bandel' dijuluki sebagai 'Presiden Para Pendosa.' 

Hal ini tidak membuat pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji di Sleman, Yogyakarta tersebut meradang. Gus Miftah justru santai, menyadari dirinya juga penuh dosa.

"Itu bukan hak kita untuk menghakimi. Bila Allah saja bisa menerima taubat dari dosa-dosa besar, apakah manusia ciptaan-Nya punya pilihan untuk angkuh,?" ucap Gus Miftah di laman Instagram miliknya, @gusmiftah dilannsir VOI, Rabu, 8 Desember. 

Gus Miftah tak mengingat persis kapan julukan itu disematkan. Dirinya hanya ingat, julukan diberikan oleh sekumpulan anak-anak 'bandel' saat mengisi pengajian di wilayah Jawa Timur.

"Presiden Para Pendosa, saya lupa tepatnya dimana pertama kali kalimat itu disematkan kepada saya oleh sekumpulan anak “bandel”( menurut orang “suci”) tapi saya ingat pas pengajian di Jawa timur dihadiri ribuan jamaah dan ratusan anak2 bertato,"

"Kenapa saya dikasih julukan itu? Karena memang jelas saya banyak dosa. Allah menciptakan manusia itu untuk saling mengenal dan menasihati bukan saling menilai dan menghakimi," tutup Gus Miftah.

Unggahan Gus Miftah turut mendapat komentar dari Ustaz Yusuf Mansur, @yusufmansurnew. Ustaz Yusuf Mansur terharu dan meneteskan air mata.

"Koq saya nangis ya liat dan baca ini."