Hampir Satu Juta Dosis Vaksin COVID-19 AstraZeneca dari Eropa di Nigeria Kedaluwarsa Bulan Lalu
Ilustrasi vaksin COVID-19. (Wikimedia Commons/Ministerio de Defensa del Perú)

Bagikan:

JAKARTA - Sekitar satu juta dosis vaksin COVID-19 diperkirakan kedaluwarsa di Nigeria tanpa digunakan bulan lalu, dua sumber mengatakan kepada Reuters, salah satu kehilangan dosis terbesar yang menunjukkan kesulitan negara-negara Afrika mendapatkan suntikan di lengan.

Pemerintah di benua berpenduduk lebih dari satu miliar orang telah mendorong lebih banyak pengiriman vaksin, karena tingkat inokulasi di wilayah tersebut jauh tertinggal dari wilayah yang lebih kaya, meningkatkan risiko varian baru seperti virus corona Omicron yang sekarang menyebar ke seluruh Afrika Selatan.

Misalnya Nigeria, negara terpadat di Afrika dan rumah bagi lebih dari 200 juta orang, di mana kurang dari 4 persen orang dewasa telah divaksinasi COVID-19 lengkap, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Namun, lonjakan pasokan baru-baru ini telah menyebabkan masalah baru, banyak negara Afrika mendapati mereka tidak memiliki kapasitas untuk mengelola vaksin, beberapa di antaranya memiliki masa simpan yang pendek.

Vaksin yang kedaluwarsa merupakan lansiran AstraZeneca dan dikirim dari Eropa, sumber yang memiliki pengetahuan langsung tentang pengiriman dan penggunaan vaksin mengatakan kepada Reuters. Mereka dipasok melalui COVAX, fasilitas berbagi dosis yang dipimpin oleh aliansi vaksin GAVI dan WHO.

Sumber ketiga yang mengetahui pengiriman mengatakan, beberapa dosis tiba dalam empat hingga enam minggu kedaluwarsa dan tidak dapat digunakan tepat waktu, meskipun ada upaya oleh otoritas kesehatan.

Hitungan dosis yang kadaluwarsa masih berlangsung dan jumlah resminya belum ditentukan, ungkap sumber tersebut.

"Nigeria melakukan semua yang bisa dilakukan. Tapi mereka berjuang dengan vaksin yang berumur pendek," terang salah satu dari mereka kepada Reuters, seperti dikutip 8 Desember, menambahka "Sekarang (pasokan) tidak dapat diprediksi dan mereka mengirim terlalu banyak."

Sementara, seorang juru bicara Badan Pengembangan Perawatan Kesehatan Primer Nasional, badan yang bertanggung jawab untuk vaksinasi di Nigeria, mengatakan jumlah vaksin yang diterima dan digunakan masih dihitung, dengan temuannya akan diumumkan beberapa hari mendatang.

WHO mengatakan dosis telah kedaluwarsa, tetapi menolak memberikan angka. Dikatakan 800.000 dosis tambahan yang berisiko kadaluwarsa pada Bulan Oktober, semuanya digunakan tepat waktu.

"Penyerapan vaksin diharapka terjadi dalam program imunisasi apa pun, dan dalam konteks penyebaran COVID-19 adalah fenomena global," terang WHO dalam sebuah pernyataan menanggapi pertanyaan Reuters.

Dikatakan, vaksin yang dikirim dengan masa simpan 'sangat pendek' adalah masalah. Kehilangan vaksin Nigeria tampaknya menjadi salah satu yang terbesar dari jenisnya selama periode waktu yang singkat, bahkan melebihi jumlah total vaksin yang telah diterima beberapa negara lain di kawasan itu.

Namun, Nigeria tidak sendirian dalam hal vaksin kedaluwarsa. Di seluruh Eropa, negara-negara termasuk Jerman dan Swiss telah berjuang untuk memaksimalkan penggunaan dosis.

Pada bulan Januari, para pejabat di Inggris memperkirakan pemborosan sekitar 10 persen vaksin. Di bulan April, Menteri Kesehatan Prancis mengatakan kepada media lokal, 25 persen dari AstraZeneca, 20 persen dari Moderna dan 7 persen dari vaksin Pfizer terbuang sia-sia pada saat itu.

Tingkat vaksinasi yang tinggi di Afrika sangat penting untuk mengakhiri pandemi COVID-19 secara global, sebut para ahli kesehatan. Sebab, baru 102 juta orang atau 7,5 persen dari populasi Afrika, yang divaksinasi penuh, menurut WHO.

Kekurangan staf, peralatan dan dana telah menghambat peluncuran. Lonjakan pasokan yang diantisipasi, yang terdiri dari jutaan dosis dalam beberapa minggu mendatang, dapat mengekspos kelemahan itu lebih lanjut, para ahli memperingatkan.

Tak hanya itu, sistem kesehatan Nigeria juga kekurangan dana kekurangan pasokan sehari-hari. Catu daya yang buruk berarti lemari es yang menyimpan vaksin harus disimpan di generator dengan bahan bakar yang mahal. Jutaan warga tinggal di daerah yang dilanda bandit atau pemberontakan Islam yang tidak dapat dijangkau oleh petugas medis.

"Fondasinya tidak kuat. Dan jika Anda tidak memiliki fondasi yang kuat, tidak banyak yang bisa Anda bangun di atasnya," jelas Menteri Kesehatan Osagie Ehanire dalam forum publik pekan lalu.

Selain itu, umur simpan vaksin yang disumbangkan tidak membantu negara-negara Afrika. Sudan Selatan dan Republik Demokratik Kongo, keduanya sangat membutuhkan dosis, harus mengirim kembali beberapa karena mereka tidak dapat mendistribusikannya tepat waktu.

Sementara, Namibia memperingatkan bulan lalu, mereka mungkin harus menghancurkan ribuan dosis yang kedaluwarsa. Situasi ini hanya meningkatkan ketidaksetaraan vaksin, para ahli memperingatkan.

"Lebih dari 8 miliar dosis sekarang telah diberikan, kampanye vaksinasi terbesar dalam sejarah," ungkap Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus di Twitter pada Hari Senin, menandai setahun yang lalu minggu ini sejak vaksin COVID pertama kali diberikan.

"Tapi kita semua tahu bahwa pencapaian luar biasa ini telah dirusak oleh ketidakadilan yang mengerikan," tandasnya.