Vaksinasi Capai 80 Persen, Gubernur NTT Optimistis Kupang-Manggarai Barat Capai <i>Herd Immunity</i>
Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu/ Antara

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat menyatakan rasa optimistisnya Kota Kupang dan Kabupaten Manggarai Barat mampu mencapai herd immunity karena capaian vaksinasi COVID-19 di atas 80 persen untuk dosis pertama.

"Capaian vaksinasi untuk dua daerah di NTT sangat tinggi sehingga dua daerah itu bisa mencapai herd immunity," kata Gubernur Viktor Bungtilus Laiskodat di Kupang, Jumat, 3 Desember.

Ia berharap kedua daerah itu tetap meningkatkan capaian vaksinasinya sehingga kasus penyebaran COVID-19 bisa terus ditekan.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Kupang menyatakan capaian vaksinasi untuk dosis pertama sudah dilakukan terhadap 284.907 sasaran atau 85,45 persen dari 333.628 sasaran vaksinasi.

Sementara di Kabupaten Manggarai Barat cakupan vaksinasi untuk dosis pertama mencapai 76,5 persen dari 202.827 orang penerima vaksinasi COVID-19 di daerah itu.

Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat mendorong semua kabupaten yang capaian vaksinasinya masih rendah untuk mempercepat pemberian vaksinasi bagi warga guna mencegah penularan kasus COVID-19 terutama terhadap ancaman gelombang III COVID-1 dengan adanya virus Omicron dari Afrika yang penyebarannya lebih cepat.

"Cepat atau lambat virus ini juga bisa sampai ke NTT dengan tingginya mobilitas warga," tegas Viktor.