Banjir Rob di Lodan Raya Jakut, Warga : Sudah Lama <i>Gak</i> Kayak Begini
Banjir di Jalan Lodan Raya Jakarta Utara karena tanggul jebol/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Jalan Lodan Raya, Pademangan, Jakarta Utara terisolir karena terendam banjir rob setinggi 20 sentimeter. Air rob yang pasang melimpas ke Jalan Lodan Raya hingga akses lalu lintas di kawasan tersebut lumpuh.

Tergenangnya Jalan Lodan Raya akibat rob, menurut warga karena jebolnya salah satu tanggul di tepi pantai. Selain lumpuhnya akses kendaraan, arus lalu lintas di depan gerbang masuk pelabuhan Sunda Kelapa turut tersendat.

Meski akses terisolir banjir, ada pula beberapa kendaraan roda dua dan empat yang nekat menerjang genangan air tersebut.

Hengki (38), warga sekitar mengatakan, banjir rob menggenangi wilayahnya sejak pukul 09.00 WIB. Air rob yang tumpah hingga ke Jalan Lodan Raya merupakan luapan air laut dari dalam Pelabuhan Sunda Kelapa karena ada tanggul yang jebol.

"Udah lama engga kayak gini. Ini karena ada tanggul yang jebol. Tahun lalu juga gak sampe ke jalan cuma di dalam pelabuhan saja," kata Hengki kepada wartawan, Jumat 3 Desember.

Hengki mengatakan, biasanya air rob akan kembali surut pada sore hari.

"Nanti gak sampe sore juga surut, tapi besok bisa jadi ngeluap lagi," ujarnya.

Hengki mengatakan, air rob yang meluap hingga ke Jalan Lodan Raya sangat jarang terjadi. Sejumlah ruko yang ada di Jalan Lodan Raya pun terpaksa menutup usahanya karena air rob juga merendam kios.

Hengki pun terpaksa menutup bengkel motor miliknya yang berada di Jalan Lodan Raya karena air sudah mulai merendam tempat usahanya.