Banjir Rob Melanda Kota Dumai Riau
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

DUMAI - Banjir rob melanda wilayah Kota Dumai di Provinsi Riau, menyebabkan permukiman warga, fasilitas umum, dan jalan-jalan tergenang.

Jalan Hasanuddin, Sukajadi, Cempedak, Dock Yard, Sidorejo, dan Pangkalan Sena di Kota Dumai tergenang akibat banjir rob. 

"Hari ini banjir cukup besar, air sudah sampai ke jalan jalan dan perumahan yang tidak pernah tergenang. Rumah kayak kolam saja karena air masuk dari belakang dan depan. Banyak juga motor terjebak (banjir) dan mogok," kata Andre, warga kawasan Jalan Hasanuddin dikutip Antara, Jumat, 5 November.

Banjir juga menyebabkan fasilitas umum seperti sekolah, rumah ibadah, dan pasar tradisional tergenang. 

Banjir rob semakin sering terjadi di Kota Dumai. Sebelumnya banjir rob datang sekali sebulan, tapi sekarang banjir rob bisa datang dua kali dalam satu bulan.

Setiap kali banjir rob datang, warga harus bersiasat untuk mengamankan isi rumah serta mengendarai kendaraan di jalan.

Wali Kota Dumai Paisal mengatakan pemerintah daerah berupaya menekan risiko banjir dengan membersihkan sungai dan saluran air serta memperbaiki pengelolaan sampah.

"Sejumlah kawasan baru saja mengalami banjir akibat hujan deras, sekarang rob, dan ini tentu jadi persoalan pemerintah bagaimana dalam waktu cepat bisa diatasi dengan kerja sama seluruh pihak," kata Paisal.

Wali Kota mengimbau warga mendukung upaya pemerintah daerah menekan risiko banjir dengan menjaga kebersihan lingkungan dan memastikan saluran-saluran air bebas dari sumbatan sampah.