Kepulan Asap Bus TransJakarta di Kawasan Senen, Azas Tigor Sebut Gubernur DKI Harus Segera Lakukan Evaluasi
Layar tangkap video bus TransJakarta bermasalah di kawasan Senen, Jakarta Pusat

Bagikan:

JAKARTA - Analis Kebijakan Transportasi Azas Tigor Nainggolan menyoroti adanya bus TransJakarta berisi penumpang yang alami kerusakan hingga mengeluarkan asap di Kawasan Senen, Jakarta Pusat.

Menurut Azas, sudah dua pekan ini, hampir setiap hari terjadi kecelakaan yang dialami TransJakarta. Ia mendesak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan segera melakukan evaluasi terhadap manajemen dan direksi TransJakarta.

"Seharusnya ini sudah ada evaluasi ketat. Tidak bisa didiamkan, ini bahaya. Nanti masyarakat takut memakai TransJakarta," katanya saat dihubungi VOI, Kamis 4 November.

Azas pun merasa heran terkait belum adanya tindakan yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terhadap manajemen TransJakarta.

"Kok Gubernur Jakarta diam saja, tidak ada respon?, kan itu punyanya Pemprov DKI Jakarta. BUMD DKI, TransJakarta itu," ujarnya.

Azas mengatakan, langkah pertama yang harus dilakukan Pemprov DKI harus mengevaluasi dan melakukan pemeriksaan.

"Kerusakan-kerusakan ini harus diperiksa, apa penyebabnya. Untuk perbaikannya seperti apa ke depan, setidaknya menurut saya harus dievaluasi semua manajemen TransJakarta. Ini Gubernur DKI Jakarta harusnya bertindak. Direksi TransJakarta harus diganti semuanya," katanya.

Azas menyebutkan jangan sampai kepercayaan masyarakat pengguna moda transportasi TransJakarta hilang kepercayaannya.

"Harus, Anies harus ganti semua direksi TransJakarta. Sudah berbahaya ini, kalau didiamkan terjadi terus nanti masyarakat engga percaya lagi sama TransJakarta. Takut (nanti) orang pakai TransJakarta," ujarnya.

Untuk mengantisipasi agar kejadian tidak terus terulang dan memberikan kenyamanan kepada masyarakat, Dikatakan Azas, seharusnya pengawasan ini dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan.

"Tapi Dinas Perhubungan tidak ada tindakan, sama aja. Gubernur DKI harus tanggung jawab ini. (karena) Pengawasan dan tanggung jawab dibawah Gubernur DKI," katanya.

Sebelumnya, kepulan asap dari bagian atas bus TransJakarta jurusan Senen - Pulogadung membuat penumpang TransJakarta menyelamatkan diri dan dievakuasi ke bus lainnya.

Kepala Public Relation PT TransJakarta Iwan Samariansyah mengatakan, kepulan asap berasal dari tali vanbelt air conditioner (AC) yang putus.