Heboh! Seruan Aa Gym Pilih Pemimpin Koruptor Tapi Muslim Ketimbang Jujur Namun Nonmuslim, Benarkah?
Youtube @Aagym Official

Bagikan:

JAKARTA - Akun Twitter Laloena @L1zzyCrazy mengunggah cuitan lawas berupa tangkapan layar Twitter Aa Gym (Abdullah Gymnastiar) tahun 2007.
 
Dalam hasil tangkapan layar tersebut, Aa Gym menyebut, lebih baik memilih pemimpin koruptor tapi muslim ketimbang pemimpin jujur namun nonmuslim. Cuitan Laloena (@L1zzyCrazy) mendapat atensi berupa 58 retweet dan 383 suka.
 
"AA ngegym , ari AA kunaon ???” tulis si akun dengan mngunggah tangkapan layar Twitter dilansir dari turnbackhoax, Kamis, 2 Desember. 
 
Benarkah cuitan ini Aa Gym ini? 
 

 
Berdasarkan hasil penelusuran, cuitan Aa Gym tersebut adalah hoaks lama yang telah beredar sejak tahun 2017. 
 
Melalui akun Twitter pribadinya (@aagym), Aa Gym mengkonfirmasi cuitan itu adalah hoaks dan bukan tulisan yang dibuatnya pada 10 Februari 2017.
 
"Ini TWITTER HOAX, bukan tulisan Aa, ini tulisan orang yang tak menghormati dan suka memfitnah ulama Semoga diampuni Alloh dan dapat hidayah," tulis Aa Gym.
Hoaks ini juga pernah dibahas dalam artikel Turn Back Hoax berjudul [HOAX] AA GYM : “Lebih baik pilih pemimpin koruptor tapi muslim. Daripada pemimpin bersih, jujur tapi KAFIR (Non Muslim)” terbit pada 9 Februari 2017.
 
"Dari berbagai fakta di atas, cuitan akun Twitter Laloena (@L1zzyCrazy) dikategorikan sebagai konten yang dimanipulasi," tulis turnbackhoax