Taliban Sebut UEA Larang Mantan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani Melakukan Kegiatan Politik di Pengasingan
Mantan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani. (Wikimedia Commons/U.S. Secretary of Defense)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani telah dilarang melanjutkan kegiatan politik dari pengasingan, dengan negara tuan rumah Uni Emirat Arab (UEA), juga menempatkan pembatasan yang sama pada pejabat yang melarikan diri dari Afghanistan selama penarikan pasukan Amerika Serikat dan peralihan kekuasaan yang kacau.

Ahmadullah Wasiq, wakil juru bicara Taliban, mengatakan pada Hari Minggu UEA menerapkan larangan terhadap Ghani, yang menetap di Dubai setelah Taliban mengambil alih Afghanistan, dan pejabat Afghanistan lainnya, yang tinggal di pengasingan, mencegah mereka memainkan peran apa pun di panggung politik tanah air.

Dalam unggahannya di Twitter, Wasiq menyebut mantan Penasihat Keamanan Nasional Ghani Hamdullah Mohib dan Gubernur provinsi Balikh Atta Muhammad Noor juga ada dalam daftar larangan tersebut.

"UEA telah melarang semua pejabat di pemerintahan Ashraf Ghani yang tinggal di Dubai dan kota-kota lain. Pembatasan ini termasuk Ashraf Ghani, Atta Noor dan Mohib," tulisnya, mengutip Daily Sabah 30 November.

Abu Dhabi tidak mengkonfirmasi laporan tersebut atau memberikan komentar apa pun tentang masalah pelarangan ini.

Langkah terbaru untuk melarang Ghani terlibat dalam politik Afghanistan terjadi setelah laporan Taliban dan UEA telah mengadakan pembicaraan rahasia, di mana Abu Dhabi dilaporkan juga mengumumkan keinginannya untuk menjalankan Bandara Internasional Kabul Hamid Karzai.

Pejabat UEA telah mengadakan serangkaian diskusi dengan Taliban dalam beberapa pekan terakhir untuk membahas pengoperasian bandara, yang berfungsi sebagai jalur udara utama Afghanistan yang terkurung daratan ke dunia, diplomat asing yang berbasis di kawasan Teluk mengatakan kepada Reuters.

Beberapa diplomat asing mengungkapkan, Emirat mencari lebih banyak pengaruh di Afghanistan, turun ke posisi kedua Qatar dan Turki, yang saat ini memberikan keamanan di bandara dan mengendalikannya.

Sementara, Qatar, bersama dengan Turki, membantu mengelola bandara Kabul, memainkan peran penting dalam proses evakuasi menyusul penarikan pasukan Amerika Serikat, mengatakan mereka siap untuk mengambil alih operasi. Namun, menurut empat diplomat, Taliban belum mencapai kesepakatan dengan Qatar secara resmi.

Untuk diketahui, setelah perebutan Afghanistan oleh Taliban, Ghani melarikan diri dari negara itu pada hari yang sama ketika kelompok itu memasuki Kabul dan menuju ke Istana Presiden untuk merundingkan peralihan kekuasaan dengan pemerintah yang didukung Barat.

Kemudian, Ghani meminta maaf kepada semua penduduk Afghanistan, meratapi, "Saya tidak bisa mengakhirinya secara berbeda." Dalam sebuah pernyataan di Twitter, Ghani menegaskan dia meninggalkan negara itu untuk "menyelamatkan Kabul dan 6 juta warganya."

"Saya pergi atas desakan keamanan istana yang menasihati saya bahwa untuk tetap mengambil risiko memicu pertempuran jalanan yang sama mengerikan yang dialami kota selama Perang Saudara tahun 1990-an. Saya tidak pernah berniat untuk meninggalkan orang-orang," sebut Ghani, membantah tudingan dia meninggalkan negaranya dengan membawa uang sekitar 169 juta dolar AS.