Polri: Partai Dakwah Rakyat Indonesia Wadah Baru Jamaah Islamiyah
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan/DOK Humas Polri

Bagikan:

JAKARTA - Polri menyatakan Partai Dakwah Rakyat Indonesia (PDRI) merupakan wadah baru Jamaah Islamiyah (JI). Hal ini terungkap dari hasil pemeriksaan terhadap terduga teroris Farid Okbah.

Farid Okbah merupakan Ketua Umum PDRI. Pendirian partai itu disebut Polri setelah Farid berkomunikasi dengan terduga teroris Arif Siswanto yang ditangkap sebelumnya.

"Dia ikut memberikan solusi kepada saudara AS yang telah ditangkap terkait dengan pengamanan anggota JI pasca penangkapan saudara PW (Parawijayanto) dengan membuat wadah baru. Adapun partai yang dibentuk oleh FAO adalah partai dakwah rakyat indonesia atau PDRI," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Selasa, 16 November.

Selain itu, dari hasil pemeriksaan Farid Okbah juga memiliki peran lainnya di jaringan JI. Dia merupakan dewan syuro dan terlibat dengan organisasi sayap JI.

"Kemudian anggota dewan syariah BM ABA, kemudian tahun 2018 dia ikut memberikan uang tunai untuk perisai nusantara esa," kata Ramadhan.

Diberitakan sebelumnya, Densus 88 menangkap tiga terduga teroris. Mereka Farid Okbah, Ahmad Zain An-Najah, dan Anung Al-Hamat.

Mereka ditangkap di hari yang sama atau pada Selasa, 16 November. Namun, di lokasi berbeda tapi di sekitaran Bekasi, Jawa Barat.