Rusia Bangun Kekuatan Militer di Perbatasan Ukraina, NATO Keluarkan Peringatkan
Sekjen NATO Jens Stoltenberg. (Wikimedia Commons/U.S. Department of State)

Bagikan:

JAKARTA - Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg memperingatkan Rusia pada Hari Senin, aliansi militer Barat berdiri di dekat Ukraina di tengah konsentrasi besar dan tidak biasa pasukan Rusia di perbatasan Ukraina.

Menekankan bahwa yang penting sekarang adalah mencegah situasi menjadi tidak terkendali, Stoltenberg mendesak Rusia untuk transparan tentang kegiatan militer, untuk mengurangi ketegangan dan mencegah eskalasi.

"Kita harus jernih, kita harus realistis tentang tantangan yang kita hadapi. Dan apa yang kita lihat adalah peningkatan militer Rusia yang signifikan dan besar,” ujar Stoltenberg pada konferensi pers dengan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba di Brussels," mengutip Reuters 16 November.

Dia mengatakan tidak ingin berspekulasi tentang niat Rusia, tetapi menambahkan: "Kami melihat konsentrasi pasukan yang tidak biasa, dan kami tahu bahwa Rusia telah menggunakan jenis kemampuan militer ini sebelumnya untuk melakukan tindakan agresif terhadap Ukraina."

Pergerakan pasukan Rusia selama beberapa hari terakhir telah memicu ketakutan akan kemungkinan serangan. Moskow telah menolak tuduhan seperti menghasut dan mengeluh tentang peningkatan aktivitas di wilayah tersebut oleh aliansi transatlantik NATO.

Rusia mencaplok Krimea dari Ukraina pada 2014 dan mengatakan perairan di sekitarnya menjadi milik Moskow sekarang, meskipun sebagian besar negara terus mengakui semenanjung itu sebagai Ukraina.

Sementara, separatis yang didukung Rusia menguasai wilayah Donbass timur Ukraina pada tahun yang sama, dengan korban jiwa tentara di kedua belah pihak terus berjatuhan akibat konflik di kawasan tersebut.

Pembangunan pasukan perbatasan, yang diperkirakan Ukraina pekan lalu mencapai 100.000, berbahaya, kata Stoltenberg, karena mengurangi jumlah waktu peringatan, jika Rusia memutuskan untuk "melakukan tindakan agresif militer terhadap Ukraina."

"Ini sebagian pasukan yang dekat dengan perbatasan antara Rusia dan Ukraina, tetapi juga sebagian pasukan dan kemampuan yang ada di dalam Ukraina, yang berarti mereka berada di Krimea, yang dianeksasi secara ilegal, dan juga kita melihat para militan, separatis di Donbass, yang juga merupakan bagian dari Ukraina, didukung dan dibantu oleh Rusia," paparnya.

Terpisah, sebuah sumber NATO, yang diminta untuk menjelaskan bagaimana Rusia akan mengerahkan peralatan militernya ke Ukraina, mengatakan: "Peralatan besar seperti tank, artileri self-propelled dan kendaraan tempur infanteri dipindahkan pada malam hari untuk menghindari gambar-gambar yang muncul di media sosial. media seperti yang mereka lakukan selama pembangunan militer Rusia di musim semi."

"Itu bisa berjalan baik," menteri luar negeri Lithuania Gabrielius Landsbergis mengatakan kepada wartawan, juga pada hari Senin, di sela-sela pertemuan dengan rekan-rekan Uni Eropa-nya.

Barat tidak dapat mengecualikan serangan Rusia terhadap Ukraina, sementara perhatian internasional terfokus pada krisis migrasi Belarusia, atau bahwa Rusia membangun kehadiran militer permanen di Belarus, katanya.

"Saya tidak akan mengecualikan itu sebagai kemungkinan," tegasnya.