Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Anies Baswedan meminta warga Jakarta disiplin dalam berlalu lintas. Mengingat, Polda Metro Jaya dan Pemprov DKI menggelar Operasi Zebra.

"Kami ingin mengajak kepada semua mumpung ini adalah babak baru selama beberapa waktu kita mengurangi mobilitas, mengurangi kegiatan di luar rumah, banyak bekerja di rumah, dan sekitarnya. Di babak baru ini, jadikan kesempatan untuk babak baru dalam berdisiplin, berdisiplin lalu lintas," kata Anies di Polda Metro Jaya, Senin, 15 November.

Anies menyebut, selama pandemi COVID-19, semua pihak belajar berdisiplin menjalankan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker hingga menjaga jarak.

Kini, Anies meminta pembelajaran kedisiplinan dalam protokol kesehatan juga diterapkan dalam kedisiplinan berlalu lintas.

"Berlalu lintas dengan disiplin akan memastikan bahwa kita berangkat dari rumah dengan harapan sampai di tujuan dengan selamat dan berharap pulang ke rumah dengan selamat dan itu semua membutuhkan kedisiplinan dalam kita menjalankan semua ketentuan lalu lintas," ungkap dia.

Pemprov DKI akan mendukung penuh Operasi Zebra 2021 yang menjadi peringatan kepada pengguna kendaraan bermotor ketika menggunakan jalan raya atau jalan umum untuk mematuhi semua ketentuan.

"Kita mendukung penuh dan semoga, sesudah Operasi Zebra 2021 ini, maka kendaraan lebih tertib, knalpot yang bising tiada lagi, dan penggunaan atribut sesuai dengan ketentuan," tutur Anies.

Sebagai informasi, Polda Metro Jaya bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan TNI bakal menggelar Operasi Zebra Jaya. Operasi tersebut bakal dilaksanakan selama dua pekan.

Operasi Zebra bakal dimulai pada Senin, 15 November hingga 28 November. Namun, dalam operasi nanti tidak akan terpusat di satu titik. Sebab, pola patroli dilakukan bergerak di sejumlah titik-titik rawan pelanggaran lalu lintas yang bakal diterapkan.