Resmikan Gereja Kristen Puri Indah, Anies Baswedan Berharap Jadi Penyebar Kedamaian dan Keteduhan untuk Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Facebook Anies Baswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Gedung Gereja Kristen Indonesia (GKI) Puri Indah, Taman Permata Buana, Jakarta Barat pada Minggu, 7 November kemarin. Peresmian gedung GKI ini turut diunggah Anies di laman Facebook-nya, @Anies Baswedan.

"Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan kepada kita kesehatan dan kemudahan, sehingga bisa sama-sama menjadi saksi atas hadirnya Gedung Gereja Kristen Indonesia (GKI) Puri Indah, Taman Permata Buana, Jakarta Barat," ujar Anies dilansir dari laman Facebook, Senin, 8 November.

Di podium saat peresmin GKI, Anies menyebutkan kalau Jakarta merupakan simpul dari pertemuan semua unsur yang ada pada bangsa ini.

Bangsa Indonesia ini bukan percampuran dari berbagai unsur, melainkan sebuah persenyawaan. Artinya, semua unsur yang ada berinteraksi menuju unsur baru, dan persatuan yang disepakati Indonesia bukan persatuan asal usul, tapi persatuan tujuan.

"Kebhinnekaan adalah anugerah Tuhan, sedangkan menunggal adalah ikhtiar kita dan yang terjadi di tempat ini adalah menunjukkan persatuan Indonesia, di mana kita rasakan kesetaraan, kebersamaan dan ini kita perlu dorong terus bahwa kita semua memiliki keinginan untuk menjaga. Rasa persatuan harus dirawat dengan memberikan keadilan, kesetaraan, kesamaan dalam kesempatan dan itu adalah komitmen Pemprov DKI di Jakarta," 

"Kita berada di GKI Puri Indah membawa sebuah pesan pada semua, bahwa akan hadir penyebar kedamaian dan keteduhan untuk Jakarta dan Indonesia. Mengapa kita bersatu? Karena, kita ingin meraih kemerdekaan sejati yang ditandai hadirnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang membuat kita merasakan kesetaraan di dalamnya," ucap Anies.

Rasa persatuan harus dirawat dengan memberikan keadilan, kesetaraan, kesamaan dalam kesempatan dan itu adalah komitmen Pemprov DKI di Jakarta. GKI Puri Indah juga menerapkan konsep bangunan yang ramah lingkungan, sekaligus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar, seperti penyediaan kolam retensi bawah tanah yang berguna apabila terjadi genangan di kawasan tersebut.

"Sebagai sebuah gereja yang diresmikan tahun 2021, GKI Puri Indah memiliki perspektif panjang, sehingga dapat membuat anak-cucu kita bersyukur bahwa generasi sebelum kami telah memikirkan konsep bangunan masa depan yang ramah lingkungan, maka kami apresiasi gereja ini yang memenuhi hal tersebut,"

"Selamat kepada semua yang bekerja atas berdirinya Gedung Gereja Kristen Indonesia Puri Indah," demikian Anies.