IHSG Dibuka di Zona Merah, Melemah 0,15 Persen ke Level 5.141,97
Gedung Bursa Efek Indonesia. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah pada perdagangan Senin 3 Agustus. IHSG dibuka melemah tipis 0,15 persen atau 7,65 poin ke level 5.141,97.

Membuka perdagangan, 42 saham menguat, 35 saham melemah, dan 35 saham stagnan. Volume perdagangan tercatat 20,48 juta lembar saham dan ditranksaksikan senilai Rp15,40 miliar.

Analis Indosurya Sekuritas, William Surya Wijaya dalam risetnya mengatakan, meski IHSG dibuka melemah, ia memprediksi ada sentimen positif yang mampu mengangkat indeks.

"Inflasi yang kemungkinan masih berada dalam keadaan stabil akan menjadi sentimen positif bagi pergerakan indeks hari ini," ujar William.

Selain itu, kata dia, rilis kinerja emiten semester pertama akan juga turut mewarnai laju indeks. Menurut analisis teknikalnya, indeks akan bergerak terkonsolidasi dan menembus level resistance terdekat.

"IHSG hari ini berpotensi menguat. Dalam rentang yang cukup terbatas di level support 4.281 hingga mendekati resistance di posisi 5.188," tutur William.

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama juga memprediksi IHSG hari ini masih akan bertahan di zona hijau.

"Ada potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke resistance terdekat," katanya.

Berdasarkan hasil analisisnya, di area resistance, indeks bergerak di level 5.172 hingga 5.233. Sementara itu, area support ada di rentang level 5.097 hingga 4.975.

Dia pun merekomendasikan saham PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), PT Timah Tbk (TINS), PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE).