Ada Masalah, PKP akan Gelar Munaslub Minta Tanggung Jawab Ketua Umum
Sekretaris Jenderal PKP, Said Salahudin/Antara

Bagikan:

JAKARTA - Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), dikabarkan akan menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) guna meminta pertanggungjawaban Ketua Umum, Yussuf Solichien, terkait berbagai masalah yang muncul di internal partai.

Sekretaris Jenderal PKP, Said Salahudin, menilai desakan Munaslub dari pengurus Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) kepada Dewan Pimpinan Nasional (DPN) ini tentu tidak bisa diabaikan. Sebab menurutnya, mereka memiliki dasar dan alasan yang kuat sesuai Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) PKP.

"Sejak kemarin telah datang kepada saya permohonan dari pengurus PKP di berbagai daerah untuk mendesak diselenggarakannya Munaslub," ujar Said dalam keterangannya, Kamis, 4 November.

Said mengatakan, dalam AD/ART PKP, Munaslub memang dibenarkan untuk diusulkan oleh DPP. Terlebih ditemukan banyak indikasi penyimpangan yang dilakukan pimpinan partai.

"Saya sendiri menemukan cukup banyak penyimpangan yang terjadi selama ini dalam pengelolaan partai. Hal-hal yang semacam ini tentu tidak boleh dibiarkan, maka disinilah diperlukan adanya pertanggungjawaban dari ketua umum," tegas Said.

"Dan forum yang dibenarkan oleh Undang-Undang Partai Politik dan konstitusi PKP untuk meminta pertanggungjawaban Ketua Umum adalah forum Munaslub," sambungnya.

Apalagi, lanjut Said, salah satu yang dipersoalkan itu menyangkut adanya indikasi perubahan AD/ART secara sepihak oleh oknum tertentu. Hal itu, kata dia, tentu pelanggaran yang sangat berat.

"Oleh karena AD/ART hanya dapat diubah dalam forum Munaslub, maka desakan pengurus daerah untuk segera digelar Munaslub memiliki alasan pembenar," jelas Said.

Sebagai Sekjen PKP, Said mendukung desakan pengurus daerah tersebut demi kebaikan partai. Terlebih, kata dia, PKP kini sedang giat-giatnya melakukan konsolidasi dalam rangka menghadapi Pemilu Serentak 2024.

"Terus terang saya prihatin dan berempati dengan teman-teman pengurus daerah yang dengan sangat terpaksa harus menempuh langkah ini. Oleh sebab itu saya menyatakan diri dalam satu barisan dengan seluruh pengurus DPP PKP di seluruh Indonesia," kata Said.