Rumah Tua yang Dihuni ODGJ di Kauman Malang Roboh, Satu Orang Tertimpa Reruntuhan
FOTO ISTIMEWA

Bagikan:

MALANG - Rumah tua di Kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang, tiba-tiba roboh. Rumah berbahan kayu dan tampak lapuk itu dihuni dua orang dengan gangguan kejiwaan (ODGJ). 

Rizal, warga sekitar mengatakan satu penghuni berhasil keluar. Sementara satu orang tertimpa reruntuhan bangunan.

"Kakaknya bisa lari keluar rumah. Dia kebetulan ada di dekat pintu, jadi tahu mau roboh langsung lari keluar," kata Rizal, Rabu, 3 November.

Satu orang penghuni masih berada di dalam rumah saat roboh. Warga tak berani masuk karena bangunan yang nampak rawan roboh.

"Warga takut menolong karena kondisi bangunan masih rawan roboh. Akhirnya kita panggil damkar, kan mereka tau teknik penanganannya, karena kita takut kerobohan," katanya.

Sesaat kemudian petugas damkar datang. Penghuni yang tertimpa reruntuhan berhasil diselamatkan.

Tetangga lainnya, Sofyan mengatakan rumah tersebut sudah miring sejak setahun yang lalu. Namun saat hujan tidak pernah mengalami kerusakan. 

"Sebelumnya, sudah setahun miring, cagaknya sudah ada yang patah. Saat hujan ya nggak ada tanda-tanda mau roboh, tapi ini tadi tiba-tiba roboh," kata dia.

"Bagian yang ambruk ini ruangan tamu, kamar dan ruangan belakang," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala UPT Damkar Kota Malang, Teguh Budi Wibowo menyebut penyebab robohnya rumah karena bangunan sudah tua.

"Korban sudah berhasil diselamatkan dari reruntuhan dan dibawa ke Dinas Sosial Kota Malang," katanya terpisah.