ODGJ Main Api di Dalam Rumah Sampai Bikin Panik Tetangga, Warga: Orang Stres <i>Mah</i> Bebas
Petugas pemadam kebakaran memadamkan api di rumah kosong yang dibakar ODGJ/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Sungguh menggelitik perbuatan dari orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) berat di kawasan Cakung, Jakarta Timur pada Kamis, 7 September. Atas ulah pelaku ODGJ itu, sebuah rumah tua tak berpenghuni hangus terbakar.

Kejadian terjadi saat ODGJ tersebut bermain api di dalam rumah tua Jalan Pulo Bidadari Raya Blok A5, Nomer 15, RT 05/10, Kelurahan Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

"Penyebab kebakaran diduga ada orang (ODGJ) yang bermain api di rumah tua yang kosong. Kemudian ditinggalkan oleh ODGJ tersebut," kata Kasiop Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman saat dikonfirmasi VOI, Kamis, 7 September.

Belakangan diketahui, rumah tua tersebut merupakan milik Adi. Rumah sudah lama kosong tak dihuni.

"Luas area terbakar sekitar 300 meter, kerugian ditaksir mencapai Rp50 juta," ucapnya.

Proses pemadaman api dilakukan mulai pukul 10.15 WIB. Setelah dilakukan oleh 6 unit mobil pemadam kebakaran, kobaran api akhirnya berangsur padam pukul 11.00 WIB.

"Tidak ada korban akibat kebakaran. Petugas yang dikerahkan sebanyak 24 personel Saat ini, situasi pemadaman sudah selesai," katanya.

Sementara dari keterangan salah satu saksi mata kejadian, pelaku merupakan seorang ODGJ yang sebelumnya bermain api.

"Dia orang stres sepertinya. Orang stres mah bebas bakar rumah kosong, namanya juga stres," ucapnya.

Sementara, warga lainnya, Hartoyo menambahkan, pelaku ODGJ merupakan seorang remaja pria.

"Anak itu kurang normal lah. Katanya ada pohon ceri, dia masuk. Mau bakar pohon yang kering, cuma tak tahu akibatnya. Apinya jadi besar," katanya.

"Barulah masyarakat pada turun, keamanan semua pada datang. Menurut informasi anaknya sudah diamankan sama aparat," tambahnya.