Hadir di Rumah Duka, Perempuan Ini Ceritakan Kenangan Bersama Max Sopacua
Indri, salah satu warga yang menceritakan kenangan bersama Max Sopacua

Bagikan:

JAKARTA - Rumah duka politisi Max Sopacua di Gang Kepatihan, Jalan Veteran, Bogor, Jawa Barat, mulai didatangi sejumlah warga, kerabat dan para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Bogor lainnya.

Sejumlah karangan bunga duka cita pun tersandar di depan rumah duka. Salah satu karangan bunga yang terpajang berasal dari Bupati Bogor, Ade Yasin. Di karangan bunga dari Bupati Bogor ini tertulis, turut berduka cita atas meninggalnya H. Zulkifli bin Adam (Max Sopacua).

Dari pantauan VOI, warga saling membantu membangun tenda di depan rumah duka Max Sopacua. Jenazah dimakamkan Rabu 17 November siang usai Sholat Dzuhur.

Menurut tetangga sekitar kediaman almarhum, Max Sopacua merupakan orang baik yang sangat peduli dengan warga sekitar kediamannya.

"Paling sekitar tahun 1970-1980an pak Max sudah tinggal disini. Alhamdulillah baik, semua keluarganya baik, bermasyarakat," kata Indri, tetangga politisi Max Sopacua, Rabu 17 November.

Hal kebaikan yang masih diingat Indri adalah, kebaikan Max Sopacua yang sering membagikan sembako kepada seluruh warga tanpa ada perbedaan.

"Dulu mah sama warga sini sering kasih sembako. Kalau lebaran semua warga dikasih sembako," ucapnya.

Selain itu, kebaikan mendiang Max Sopacua yang masih melekat diingatan warga adalah adanya pembuatan jalan untuk masyarakat.

"Pernah bikin jalan. Kalau ada apa - apa, pak Max selalu kasih dana paling besar. Suka ngasih sumbangan," ujarnya.

Sebelumnya, Max Sopacua sempat menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto Jakarta atas penyakit yang dideritanya. Max menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 05.53 WIB di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

Max adalah politikus senior Partai Demokrat. Sebelum terjun ke dunia politik, Max sebagai presenter dan produser acara olahraga di Televisi Republik Indonesia (TVRI) pada era Orde Baru.