Darmizal: Max Sopacua Sempat Jalani Perawatan Intensif Penyakit Jantung
Politisi Senior Partai Demokrat Max Sopacua. (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)

Bagikan:

JAKARTA - Politikus Demokrat, Darmizal, menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya Politikus senior Partai Demokrat Max Sopacua pada hari ini, Rabu, 17 November. Max meninggal pada pukul 05.53 WIB setelah menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Darmizal mengungkapkan, Max Sopacua sempat menjalani perawatan intensif tahun lalu akibat penyakit jantung yang diderita.

“Beliau sempat menjalani jantung di akhir 2020 kemarin,” ujar Darmizal, Rabu, 16 November. 

 

Dia mengatakan, kondisi terakhir Max Sopacua cukup drop hingga harus dilarikan ke RSPAD. Menurutnya, kondisi kesehatan Max Sopacua sempat berangsur membaik selama menjalani perawatan intensif di RSPAD. Namun, kata dia, Tuhan berkehendak lain. 

 

“Sebulan terakhir ini kondisi beliau kurang stabil sehingga harus menjalani perawatan di Bogor, dan dua minggu ini menjalani perawatan di RSPAD. Hari ini Tuhan memanggil beliau, kami sangat berduka,” katanya.

 

Jenazah Pria kelahiran Ambon, 2 Maret 1946 itu sedianya akan dibawa ke Bogor, Jawa Barat, pada pagi ini.

 

Max Sopacua adalah seorang politikus yang pernah menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) selama dua periode pada 2004–2009 dan 2009–2014 dari Partai Demokrat.

 

Dikutip dari Wikipedia, Max masuk ke DPR mewakili daerah pemilihan (Dapil) Jawa Barat IV (2004–2009) dan Jawa Barat V (2009–2014) serta pernah bertugas di Komisi IX dan I DPR. Setelah tak di Demokrat, Max pernah bergabung di Partai Era Masyarakat Sejahtera (Emas). Namun, kemudian Max keluar.

Sebelum terjun ke dunia politik, Max dikenal sebagai penyiar berita olahraga di TVRI pada 1980-an hingga 1990-an. Selain sebagai penyiar berita, Max juga menjadi produser di TVRI pada tahun 1985 hingga 2002.

Pekerjaannya sebagai seorang penyiar berita olahraga membuatnya aktif di organisasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Max menjadi anggota di dalamnya pada 1990 hingga 2001. Selain itu, dia juga merupakan anggota Asia-Pacific Broadcasting Union (ABU).