Tewas Ketiban Tembok Pabrik, Pak RT Kapuk Muara Bingung, Kenapa Korban <i>Nongkrong</i> Disitu
Petugas pemadam kebakaran mengevakuasi jasad pria yang ketiban tembok pabrik di Kapuk Muara, Jakarta Utara/ Foto: Layar tangkap video

Bagikan:

JAKARTA – Gedung tua berlantai dua bekas pabrik minyak wangi di Jalan Kapuk Muara, RW 01 Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, roboh. Insiden itu menewaskan seorang pemuda berinisial S (30) yang tertimpa reruntuhan bangunan, Rabu 13 Oktober, malam.

“Informasi korban duduk di samping tembok, tiba-tiba runtuh. Satu orang bisa menyelamatkan diri dan satu orang tidak terselamatkan,” Kata Komandan Peleton Sektor Penjaringan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Utara, Sumarno saat dikonfirmasi Kamis 14 Oktober.

Petugas menghabiskan waktu selama tiga jam untuk mengevakuasi korban yang tubuhnya terjebak di dalam reruntuhan bangunan. Saat ditemukan, korban mengalami luka parah.

“Sebenarnya kendala tidak terlalu sulit. Namun kita takut tembok di sebelah depan kita itu sudah miring dan hampir patah. Kita waswas menuju ke sana jadi evakuasi ini nggak kesulitan,” terang Sumarno.

Sementara itu Ketua RW 01 Kapuk Muara Feli mengatakan, ia mendapat kabar ada warga yang tertimpa material bangunan yang roboh. Namun, masih kata Feli, usaha warga menolong korban tidak membuahkan hasil.

“Beberapa warga bantu angkat cuma nggak bisa, saya buru-buru panggil damkar. Pas datang (damkar) kondisinya sudah nggak ada (meninggal),” katanya.

Feli menjelaskan lokasi tersebut adalah gudang yang sudah lama terbengkalai karena lama tidak digunakan sejak tahun 2013. Namun belum diketahui mengapa korban dan temannya bisa di lokasi.

Setelah dilakukan evakuasi, jenazah korban langsung dibawa ke RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat untuk dilakukan proses autopsi guna kepentingan proses penyelidikan.