3 Rumah di Genteng Banyuwangi Roboh
FOTO ISTIMEWA

Bagikan:

BANYUWANGI - Sebanyak tiga rumah di Kecamatan Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur, roboh. Dua rumah di Dusun Jalen, Desa Setail, Genteng roboh karena tertimpa pohon. Sementara satu rumah roboh karena konstruksi bangunan sudah lapuk di Dusun Cangaan.

"Yang rusak adalah bagian dapur karena tertimpa pohon. Kerugian ditaksir mencapai Rp13 juta. Yang di Dusun Cangaan juga bagian dapur kerugian mencapai Rp10 juta," kata Camat Genteng, Firman Sanyoto, Selasa, 16 November.

Siang tadi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI-Polri dan pihak terkait sudah melakukan evakuasi terkait reruntuhan bangunan. 

"Kita juga sudah memberikan bantuan kepada pemilik rumah. Berupa sembako, alat P3K dan beberapa selimut," ujarnya.

Firman mengimbau warganya agar meningkatkan kewaspadaan, mengingat kondisi cuaca ekstrem.

"Kewaspadaan perlu ditingkatkan, jika perlu mengecek kondisi rumah, menebang pohon ketika dirasa pohon itu sudah lebat dan rawan roboh sehingga risiko bencana dapat diminimalisir," katanya. 

Sementara itu pemilik rumah di Dusun Cangaan, Usmirah mengatakan rumahnya roboh sekitar pukul 13.00 WIB. Penyebabnya konstruksi bangunan sudah lapuk sehingga roboh kala diterjang hujan. 

"Yang mengalami kerusakan itu bagian dapur. Reruntuhan saat itu menimpa adik saya yang waktu memang sedang berada di dapur. Namun luka yang dialami tak begitu parah hanya lecet dan sudah diobati," kata dia.