Lagu Baru Mansen Munthe Ingatkan Makna Rumah yang Sesungguhnya
Mansen Munthe (Instagram @mansen.munthe)

Bagikan:

JAKARTA - Mansen Munthe merilis lagu tunggal (single) bertajuk Rumah beberapa waktu lalu. Lagu ini merupakan bentuk dukungan Mansen Munthe bagi masyarakat Indonesia di tengah pandemi yang saat ini sudah menelan banyak korban jiwa.

Ketidakpedulian kita akan berbagai imbauan menjadi konsentrasi Mansen Munthe dalam penulisan lagu ini. Karena ketakutan akan penularan, dan tidak berjalannya roda ekonomi keluarga akhirnya membuat masyarakat - khususnya menengah ke bawah - untuk terus melakukan aktivitas mata pencaharian di luar rumah. Hal inilah yang menjadi alasan utama semakin mewabahnya virus ini di Indonesia.

Karenanya melalui lagu ini, Mansen Munthe ingin mengingatkan kembali arti rumah yang sebenarnya. Selama ini, rumah hanya kita anggap sebagai tempat persinggahan, karena kita hanya sibuk dengan ragam kesibukan di luar rumah. 

Namun melalui imbauan #dirumahaja kita jadi mengerti dan sadar bahwa rumah memiliki makna yang lebih besar dari sekadar tempat singgah. Rumah merupakan tempat berbagi cerita, tempat di mana kasih dan kepedulian hadir di tengah keluarga dan masyarakat, dan tempat berpikir serta bersyukur atas apa yang telah kita lakukan serta menjadi tempat kita mengoreksi segala kekurangan yang terjadi pada kita. 

"Semesta sedang memberi kita ujian agar kita menjadi bangsa yang lebih peduli akan pentingnya kesehatan dan kebersihan lingkungan," kata Mansen Munthe.

Bangsa kita bangsa yang besar, bangsa pejuang, bangsa petarung. Namun tak bisa dipungkiri, disiplin adalah pekerjaan rumah utama kita sebagai bangsa Indonesia.

Melalui momen ini, semoga kita bisa berbenah untuk menjadi pribadi yang lebih baik, lebih peduli sesama, dan peduli lingkungan hidup.

Karena saat kita mengasihi semesta, semesta akan mengasihi kita.