Refleksi Kehidupan Selena Gomez dalam Album <i>Rare</i>
Selena Gomez (Twitter @selenagomez)

Bagikan:

JAKARTA - Pada hari ini, Jumat, 10 Januari, penyanyi Selena Gomez melepas album terbarunya yang berjudul Rare. Empat tahun setelah Revival, album ini disebut-sebut sebagai titik pendewasaan Gomez akan apa yang ia alami selama ini. Setelah pelepasan dua single sekaligus di tahun 2019, Lose You to Love Me dan Look At Her Now, album studio penuh ini siap diperdengarkan kepada penggemar.

Berisi 13 trek, Rare menjadi jawaban Gomez soal apa yang menjadi pembicaraan media. Beberapa hari sebelum perilisan, Gomez sudah membocorkan beberapa lirik lewat cuitan di Twitter. Semuanya terdengar romantis dan relatable, sebab ia mengaku akan membuka suara tentang apa yang terjadi di dalam hidupnya.

Kita semua tahu Selena Gomez menjadi pembicaraan kala menjadi pacar putus-sambung dari Justin Bieber kemudian The Weeknd. Hubungan putus sambung itu menjadi roller coaster Gomez dari dibenci lalu dicinta dan vice versa. Album Rare juga menjadi medium Gomez untuk menyuarakan depresi yang ia alami serta transplantasi ginjal yang ia lakukan karena sakit lupusnya.

Album ini menjadi kejujuran Gomez yang terungkap dengan sopan. Trek utama Lose You to Love Me yang menjadi tanda terakhir perpisahan dengan Bieber menyiratkan lirik; "In two months you replaced us like it was easy," mereferensikan Bieber yang saat itu berpacaran dengan Hailey Baldwin setelah putus dari Gomez.

Hubungan cinta dengan The Weeknd (nama aslinya; Abel) tersirat dalam trek Fun di mana ia menyanyikan bait; “I’m a sensitive situation. You’re a hot and cold combination. Oh, we both know we got comp. Saat itu, keduanya memiliki masalah hubungan. The Weeknd dengan Bella Hadid sedangan Gomez dengan Bieber.

Tidak sendirian, dalam album Rare, penyanyi berusia 27 tahun ini menggaet musisi 6LACK untuk lagu Crowded Room dan Kid Cudi dalam kedua treknya. Bergabungnya Kid Cudi menghasilkan A Sweeter Place menjadi trek r&b dengan lirik sederhana dan jauh dari sisi pop seorang Selena Gomez. Ketiganya lantas menyanyikan A Sweeter Place sebagai penutup dari album. 

Trek Cut You Off menjadi lagu pertama Gomez yang mendapat tanda explicit (konten vulgar). Meskipun sebelumnya, ia pernah menyanyikan kata 'shit' dalam lagu Same Old Love, namun lagu itu tidak diberi tanda explicit. Lagu ini masih menceritakan tentang cinta meskipun tidak menyiratkan kepada siapa lagu ini ditujukan.

Dari segi produksi, Gomez banyak dibantu oleh produser ternama sebut saja Ian Kirkpatrick, MNEK, Jon Bellion, Sir Nolan, Jason Evigan, Mattman & Robin serta kakak kandung Billie Eilish, FINNEAS. Gomez juga membantu penulisan lirik dari seluruh trek dalam album ini. Dalam acara The Tonight Show Starring Jimmy Fallon, pemain film Dolittle ini mengungkap kesulitannya dalam menggarap Rare.

“Saya mengalami momen besar yang terjadi dalam hidup saya pribadi yang membuat ‘bagaimana saya meng-capture itu?’ dan ‘bagaimana saya merasa baik tentang apa yang saya katakan?’ jadi saya berjalan terus.. Dan saya lega.”

Album Rare memang tidak sepenuhnya lantas menempati album pop terbaik seperti kawanannya, Taylor Swift atau Ariana Grande. Tetapi, penyanyi dengan 165 juta pengikut di Instagram ini berhasil merilis Rare sebagai obat kerinduan bermusik serta karya murni dari perasaannya.

Video musik dari trek Rare akan dirilis Sabtu, besok melalui kanal YouTube Gomez, sementara albumnya sudah bisa didapatkan dalam bentuk fisik dan digital mulai hari ini.