Facebook Kembali Luncurkan Fitur Transfer Data Lintas Platform

JAKARTA - Facebook baru saja meluncurkan fitur transfer data pribadi pengguna ke platform lain. Dijuluki Transfer Your Infromation (TYI), fitur ini sejatinya telah ada sebelumnya, tetapi Facebook baru mengembangkannya lagi.

Kembali pada 2018, beberapa perusahaan teknologi besar seperti Facebook, Microsoft, Twitter, dan Google bekerja sama untuk meluncurkan Data Transfer Project (DTP) open source. Tujuannya adalah untuk memudahkan pengguna mentransfer data mereka di seluruh layanan dan platform.

Untuk itu seperti diwartakan Neowin, Selasa 10 Agustus, Facebook mengumumkan fitur TYI yang memudahkan untuk mengekspor catatan, postingan, konten media ke platform lain dan beberapa fitur tambahan baru.

Facebook menyatakan mereka telah membangun kembali TYI dalam beberapa bulan terakhir. Kali ini perusahaan menyederhanakan pengalaman pengguna, itulah sebabnya seluruh User Interface (UI) media sosial itu telah diubah belum lama ini agar lebih intuitif.

Photobucket dan Google Calendar juga telah ditambahkan sebagai dua tujuan baru untuk ekspor data pengguna. Mereka juga sudah bisa mengekspor data Facebook Event.

Selain itu, raksasa media sosial milik Mark Zuckerberg tersebut telah memperkenalkan lebih banyak transparansi dalam hal menampilkan status setiap transfer. Ini berarti bahwa sekarang lebih mudah untuk mencoba kembali transfer jika gagal karena suatu alasan.

Beberapa transfer simultan ke tujuan yang sama sekarang dapat dimulai dan lebih banyak filter telah ditambahkan, sehingga orang memiliki kontrol yang lebih terperinci atas data apa yang ingin mereka transfer.

Facebook juga sementara waktu tengah bekerja dengan pengembang dan perusahaan lainnya untuk menambahkan tujuan baru, di mana data dapat ditransfer dengan aman, perusahaan juga sedang menyelidiki dengan otoritas pemerintah dan pengatur tentang siapa yang harus bertanggung jawab atas data yang ditransfer ke lintas platform tersebut.