Fitur Lintas <i>Platform</i> Facebook dengan Google Photos
Ilustrasi Facebook (Photo by Kon Karampelas on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, Facebook meningkatkan kemampuan sortir foto pada layanannya. Kini pengguna Facebook bisa mentransfer foto atau video yang ada di platform itu melalui Google Photos.

Dilansir The Verge, sejak tahun lalu, Facebook dan Google telah menjajaki satu proyek kerja sama antar platform. Di mana layanan ini telah diujicobakan secara terbatas untuk pengguna Facebook di Amerika Serikat dan Kanada. 

Setelah melalui serangkaian uji coba, fitur antar platform ini akan segera tersedia untuk penggunanya secara global. Dengan demikian, pengguna Facebook bisa menggunggah foto dengan lebih praktis.

Fitur antar platform ini memungkinkan Facebook untuk mencadangkan koleksi foto dari laman media sosialnya ke Google Photos. Terlebih banyak akun pengguna Facebook yang terintegrasi dengan Google. 

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna cukup masuk ke akun Facebook, dan mencari 'setting' pengaturan untuk masuk ke laman 'Your Facebook Information'. Setelahnya pengguna akan dimunculkan pilihan untuk "Transfer a copy of your photos or videos".

Dari tautan tersebut, Facebook akan meminta penggunanya untuk memasukkan kata sandi dan lokasi file foto yang akan diambil, dalam hal ini Google Photos. Secara otomatis Facebook akan menambahkan daftar penyimpanan dari foto-foto yang ada di Google Photos. 

Tak hanya Google, Apple juga dikabarkan akan ikut dalam program kerja sama antar platform ini. Hanya saja Facebook belum mengkonfirmasi kapan Apple akan ikut.