Boeing 737 MAX Terbang ke China untuk Jalani Tes, Masih Layak Digunakan?
JAKARTA - Sebuah jet Boeing 737 Max berangkat ke China pada Rabu 4 Agustus untuk melakukan uji terbang sebagai bagian dari upaya pembuat pesawat AS ini untuk mendapatkan persetujuan di pasar perjalanan vital setelah dua kecelakaan fatal.
Situs pelacakan penerbangan FlightRadar24 menunjukkan pesawat uji 737 MAX 7 lepas landas dari Boeing Field dekat Seattle pada pukul 8:17 pagi waktu setempat (15.17 GMT). Pesawat itu mendarat di Lapangan John Rodgers di luar Honolulu hampir 5,5 jam kemudian untuk menyelesaikan putaran pertama perjalanannya melintasi Pasifik.
Menurut beberapa sumber, Regulator Boeing dan China telah menjadwalkan penerbangan sertifikasi ulang dan pengujian dalam beberapa hari mendatang.
Pesawat uji, yang tidak memiliki jangkauan untuk penerbangan langsung, diharapkan tiba di Bandara Internasional Pudong Shanghai pada 7 Agustus, menjelang uji simulator pada 8 Agustus dan jika semuanya berjalan baik, uji penerbangan pertama di China dilakukan pada 11 Agustus 11.
Sumber tersebut menolak disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang untuk berbicara secara terbuka tentang masalah tersebut. Seorang juru bicara Boeing juga menolak mengomentari penerbangan itu dan mengajukan pertanyaan kepada regulator.
"Boeing terus bekerja dengan regulator global saat mereka menyelesaikan proses validasi mereka untuk lebih memahami peningkatan pada pesawat," kata juru bicara itu.
Administrasi Penerbangan Sipil China juga tidak segera menanggapi permintaan komentar dari media.
Sekitar 30 maskapai penerbangan dan 175 negara telah mengizinkan 737 MAX untuk kembali beroperasi setelah larangan keselamatan hampir dua tahun setelah kecelakaan yang berjarak lima bulan menewaskan 346 orang di Indonesia dan Ethiopia. Insiden itu menjerumuskan Boeing ke dalam krisis keuangan yang telah lama diperparah oleh pandemi global virus corona.
Boeing 737 MAX tetap mendarat di China, di mana ketegangan perdagangan antara Washington dan Beijing telah memotong penjualan pesawat itu selama bertahun-tahun. Namun Kepala Eksekutif Dave Calhoun mengatakan pekan lalu bahwa ia masih mengharapkan 737 MAX untuk memenangkan persetujuan sebelum akhir tahun.
Baca juga:
Sebelum 737 MAX dilarang terbang pada Maret 2019 setelah kecelakaan fatal kedua, Boeing telah menjual seperempat dari pesawat yang dibuatnya setiap tahun kepada pembeli dari China. Selama bertahun-tahun, ketegangan geopolitik yang memanas antara Washington dan Beijing telah menyebabkan ketidakpastian.
Sumber industri juga memperingatkan bahwa situasi pandemi COVID-19 yang memburuk di China dapat menunda pengujian yang sudah direncanakan tersebut.