Kapan Balik ke Indonesia, Shin Tae-yong?

JAKARTA - Pelatih tim nasional (timnas) Indonesia, Shin Tae-yong, belum bisa memastikan kapan kembali ke Indonesia. Menurutnya, belum ada panggilan dari Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI).

Kabarnya, PSSI sudah meminta Shin dan tim pelatih timnas untuk kembali ke Indonesia. Pasalnya, skuat Garuda akan menjalani pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia pada Oktober mendatang.

"Asosiasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) menyebut jika COVID-10 berada dalam fase stabil di Indonesia dan Korea, mereka akan memanggil kami," kata Shin ketika diwawancara media Korea, Yonhap.

Shin mengatakan, dirinya dan para staf pelatih sudah melakukan tes di Korea. Saat ini, mereka dalam kondisi sehat dan terbebas dari COVID-19. 

"Kami hidup dengan aman di Korea,"

Pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong
 

Saat ini, Shin dan jajaran pelatih timnas Indonesia lainnya berada di Korea. Mereka meninggalkan Indonesia pada 4 April lalu setelah memburuknya kasus COVID-19 di Tanah Air.

Meski berada jauh dari para pemain, Shin mengaku tetap memantau perkembangan. Dia juga tetap memberikan program latihan kepada para pemain untuk dilakukan di rumah.

"Kami terus meningkatkan keterampilan pemain melalui pelatihan dari rumah dan memeriksa kondisi serta fisik mereka," pungkas Shin.