Presiden Lyon Masih Berharap Ligue 1 Berakhir dengan Play-off

JAKARTA - Presiden Lyon Jean-Michel Aulas berharap musim 2019-20 Ligue 1 diakhiri dengan play-off pada bulan Juli atau Agustus meskipun perdana menteri Edouard Philippe secara efektif mengakhiri musim pada Selasa kemarin.

Dalam pidatonya di Majelis Nasional, Philippe mengatakan tidak ada acara olahraga besar yang akan diizinkan sebelum September dan menegaskan musim sepak bola profesional 2019-20 tidak akan dilanjutkan.

Ligue de Football Professionnel (LFP) melakukan pertemuan pada Kamis waktu setempat dengan tujuan memutuskan bagaimana musim akan berakhir, dengan ketidakpastian atas gelar, tempat-tempat Eropa dan tempat degradasi dan promosi di dua tingkat teratas.

Aulas masih berharap celah atau kompromi dapat ditemukan untuk memungkinkan akhir dari olahraga untuk musim ini. Ia menyarankan play-off di ujung klasemen sebagaimana UEFA sebelumnya mendesak liga untuk menyelesaikan musim 2019-20 pada awal Agustus.

"Saya membaca dengan seksama apa yang dikatakan UEFA, mereka ingin kita terus akhir kompetisi, bahkan jika kita mungkin harus bermain dalam format yang dikurangi dan pada bulan Agustus," Aulas, yang timnya berada di urutan ketujuh di Ligue 1 sebelum ditangguhkan, seperti dikutip untuk L'Equipe.

"Jadi, saya pikir ada cara alternatif yang akan melengkapi akhir kejuaraan ini dengan serangkaian play-off untuk tim papan atas dan untuk tim papan bawah yang akan berlangsung pada bulan Agustus, mungkin bahkan pada bulan Juli di stadion tanpa penonton.

"Jangan terburu-buru. Saya mengatakan pada diri saya sendiri bahwa, mungkin, dalam aturan yang telah diusulkan, masih ada ruang untuk menyelesaikan kejuaraan."

Prancis telah mengonfirmasi hampir 166 ribu kasus COVID-19 dan 23.660 kematian, dengan hanya Amerika Serikat, Spanyol, dan Italia yang mencatat lebih banyak kematian.