Akibat COVID-19, Serie A Bisa Tentukan Scudetto dengan Sistem <i>Play-Off</i> Tak Lazim
Cristiano Ronaldo saat Juventus kontra Inter MIlan (Twitter @JuventusFC)

Bagikan:

JAKARTA - Serie A dikabarkan mempertimbangkan sistem play-off 'janggal' untuk menentukan pemenang Scudetto musim ini. Penyebabnya, wabah COVID-19 atau virus corona membuat musim Liga Italia kacau.

Korban tewas yang diakibatkan virus corona di Italia meningkat dari 168  menjadi 631 orang dengan setidaknya 10.149 kasus terkonfirmasi terinfeksi virus ini. Imbasnya, semua acara olahraga di Negeri Spaghetti dibatalkan hingga 3 April dalam pengumuman yang dibuat pada hari Senin.

Di Serie A, Juventus saat ini berada di posisi teratas, satu poin di atas Lazio, dengan Inter Milan dan Atalanta masuk dalam empat besar. Sementara di bagian bawah, Genoa, Lecce, SPAL, dan Brescia berjuang untuk menghindari degradasi.

Sekarang ada kekhawatiran bahwa Serie A tidak dapat mengakhiri musim dengan tepat karena corona. Namun, Football Italia mengklaim, presiden sepak bola Italia Gabriele Gravina memiliki tiga solusi untuk menentukan pemenang dan pecundang musim 2019/20.

Ia menyatakan, opsi pertama adalah menetapkan Cristiano Ronaldo dan rekan satu timnya di Juventus sebagai peraih Scudetto. Kedua, menerapkan sistem play-off untuk menentukan pemenang Scudetto, kualifikasi Eropa dan tim yang terdegradasi.

Adapun opsi ketiga adalah untuk tidak memberikan gelar juara kepada tim manapun dan membatalkan musim.

“Kami berharap musim ini dapat berakhir sesuai rencana, karena jika kami melanjutkan pada 3 April, ada jadwal-jadwal tertentu yang dikorbankan untuk menebus permainan yang ditunda ini," jelas Gravina, mengutip The Sun, Kamis, 12 Maret.

“Saya meluncurkan ide play-off dan play-out, membantu untuk menghargai nilai-nilai kompetisi olahraga. Ini akan melibatkan empat tim teratas dalam play-off untuk Scudetto dan empat terakhir di play-out untuk memutuskan degradasi.

"FIGC kemudian akan menentukan siapa yang akan berpartisipasi di kompetisi Eropa musim depan."

Juventus dan Atalanta masih terlibat di Liga Champions, di mana Atalanta berhasil mengantongi tiket 8 besar setelah mengalahkan Valencia dengan agregat 8-4. Sementara itu, laga antara Juventus kontra Lyon di leg II babak 16 besar dipastikan ditunda menyusul bek Daniele Rugani yang terinfeksi corona. Adapun Inter Milan dan Roma, sama-sama masih berada di Liga Europa. Dua pertandingan ini dipastikan ditunda.