Perdana Menteri Italia Tangguhkan Kompetisi Serie A karena COVID-19
Juventus saat mengalahkan Inter Milan di Serie A (Twitter @juventusen)

Bagikan:

JAKARTA- Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte menyetujui keputusan Komite Olimpiade Nasional Italia (CONI) untuk menangguhkan semua kegiatan olahraga di Italia hingga 3 April. Seluruh Italia dinyatakan 'dikunci' menyusul wabah COVID-19 atau virus corona.

Sebelumnya, pemerintah Italia meminta seluruh kegiatan olahraga berlangsung secara tertutup sampai April, tetapi CONI mengumumkan langkah-langkah baru pada Senin kemarin menyusul peningkatan yang signifikan dalam kasus tersebut.

Conte mengonfirmasi keputusan CONI akan diterapkan. Keputusan ini diambil menyusul pengumuman penangguhan Serie A dan semua acara olahraga oleh  perdana menteri saat ia memperpanjang pembatasan perpindahan ke seluruh populasi negara, yang sebelumnya hanya ada di tempat yang disebut "zona merah" khusus. 

Dengan total 9.172 orang Italia terinfeksi pada hari Senin, semua pertemuan publik juga dilarang selain untuk tujuan kerja atau darurat.

 "Tidak ada lagi waktu, jumlahnya memberi tahu kami ada peningkatan yang signifikan dalam penularan, dalam perawatan intensif dan kematian," kata Conte dalam konferensi pers. Melansir Soccerway, Selasa, 10 Maret.

"Kebiasaan kita harus berubah, kita harus mengorbankan sesuatu demi kebaikan seluruh Italia. Inilah sebabnya kami akan mengambil tindakan lebih keras.

"Saya akan menandatangani dekrit baru, yang dapat disimpulkan dengan frasa 'Saya tinggal di rumah'. Tidak ada lagi zona merah, hanya ada Italia yang dilindungi.

"Kita harus menghindari bepergian kecuali karena alasan kerja, alasan kesehatan atau keperluan lainnya. Kami melarang pertemuan publik yang besar.

"Kami juga memiliki langkah-langkah yang lebih ketat untuk acara olahraga. Serie A dan semua turnamen olahraga pada umumnya ditangguhkan. Semua penggemar harus menerima itu."

Tidak jelas apa artinya ini untuk pertandingan Liga Champions dan Liga Eropa yang melibatkan tim-tim Italia. UEFA belum menunda pertandingan apa pun, tetapi hal itu mengonfirmasi pada hari Senin kontes Liga Europa antara Roma dengan Sevilla di Stadio Olimpico pada 19 Maret akan dimainkan secara tertutup.

Kompetisi UEFA lainnya, Euro 2020, akan dimulai di Roma pada 12 Juni. Bagaimana nasibnya? Kita tunggu kabar selanjutnya.