Menteri Olahraga Italia Desak Klub Serie A Fokus Musim Depan
Juventus Vs Inter Milan (Twitter @SerieA_EN)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Olahraga Italia Vincenzo Spadafora meminta klub-klub Serie A mulai memikirkan tentang musim depan. Keputusan Prancis untuk membatalkan musim Ligue 1 2019-20 dan Ligue 2 memungkinkan terjadinya gerakan serupa di seluruh Eropa.

Perdana Menteri Giuseppe Conte mengumumkan pada akhir pekan bahwa tim olahraga profesional dapat melanjutkan pelatihan pada 18 Mei.

Namun, dalam sebuah wawancara dengan LA7 pada Rabu, Spadafora bersikeras bahwa hal tersebut tidak boleh dianggap sebagai indikasi bahwa kompetisi kemungkinan akan kembali pada pertengahan Juni. Ia lantas menunjuk Prancis sebagai jalan yang mungkin dapat diikuti pihak lain.

Pada Selasa, perdana menteri Perancis Edouard Philippe mengumumkan sepak bola di negara itu tidak akan diizinkan untuk dilanjutkan sampai September, ketika musim 2020-21 akan dimulai lagi.

"Saya selalu mengatakan bahwa melanjutkan pelatihan benar-benar tidak berarti melanjutkan musim," kata Spadafora seperti dikutip dari Soccerway. "Saya mengerti beberapa orang mengatakan 'tetapi itu membuat kita tidak pasti'. Lebih baik dalam ketidakpastian daripada kita harus mengikuti negara lain yang telah menutup segalanya.

"Sejujurnya, saya melihat jalan untuk memulai kembali Serie A semakin sempit. Melanjutkan pelatihan adalah tanda penting tetapi jika saya berada di antara presiden tim sepak bola, saya akan memikirkan musim depan.

"(Ligue 1) dapat mendorong Italia dan negara-negara Eropa lainnya untuk mengikuti gerakan itu."

Badan pimpinan Lega Serie A dijadwalkan bertemu pada hari Jumat untuk memastikan kelanjutan dua belas putaran pertandingan tetap di papan atas, yang telah absen sejak 9 Maret, serta Coppa Italia yang berhenti di tengah jalan melalui semi-final dua legnya.

Kematian akibat COVID-19 di Italia telah melampaui 27 ribu dan Spadafora ingin sepak bola memperhatikan hal yang lebih besar ketimbang kompetisi.

"Saya tidak mencari risiko nol karena sayangnya kita tidak bisa mencari itu," katanya. "Saya hanya meminta protokol yang diusulkan oleh federasi sepak bola Italia layak.

"Sebagai contoh: apakah kita yakin bahwa akan sangat mungkin untuk melakukan sejumlah tes yang diusulkan? Protokol juga berlaku untuk liga yang lebih rendah yang tidak memiliki sumber daya untuk menerapkannya."

Spadafora menambahkan: "Saya tidak bisa mengatakan hari ini apakah musim akan berlanjut pada pertengahan Juni. Mulai sekarang hingga satu bulan setengah, jadi cukup waktu sehingga kita bisa berharap negara ini jauh lebih baik, tetapi kita tidak bisa memiliki kepastian. Saya memohon kepada liga dan federasi untuk mulai memikirkan rencana B."