Pertama Kali, Duiker Walter Tertangkap Kamera di Alam Liar Afrika

JAKARTA - Dijuluki salah satu mamalia paling rahasia di dunia, antelop Afrika kecil ini belum pernah terlihat di alam liar. Hanya 41 individu yang telah ditemukan dalam beberapa dekade terakhir, hanya diwujudkan oleh tengkorak dan bangkai yang terlihat di pasar gelap di Benin, Togo, dan Nigeria.

Nama hewan, Duiker Walter, tersebut untuk memperingati Profesor Walter Verheyen, ilmuwan pertama yang mendapatkan spesimen spesies duiker ini dari Togo pada tahun 1968.

Hingga saat ini, Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) menganggap spesies tersebut terlalu kurang dikenal untuk dapat mengevaluasi status konservasinya, menilai sebagai 'kekurangan data'.

Namun meskipun tidak terlihat, para peneliti di universitas terkemuka di Inggris telah menangkap gambar yang menakjubkan dari hewan tersebut, yang diterbitkan dalam 'African Journal Ecology'.

Gambar itu diambil di Togo, setelah para ilmuwan di WildCRU (Satuan Penelitian Konservasi Satwa Liar) menggunakan kamera jarak jauh untuk memantau Taman Nasional Fazao-Malfakassa selama lebih dari 9.000 hari.

Tim tersebut dipimpin oleh ahli mamologi lokal, Délagnon Assou, dengan tim pendukung yang dipimpin oleh Dr Neil D'Cruze.

"Antelop yang anggun ini, selama 200 tahun terakhir, menunjukkan bakat yang luar biasa untuk menghindari ilmuwan, tetapi secara tragis terbukti kurang mahir dalam menghindari jaring, jerat dan anjing pemburu," kata Profesor David Macdonald, Direktur WildCRU, melansir Euronews.

Duiker Walter di alam liar. (Sumber: wildcru.org)

Dr Gabriel H. Segniagbeto, asisten profesor taksonomi dan sistematika zoologi di Universitas Lomé Togo, menjelaskan betapa pentingnya melindungi kawasan keanekaragaman hayati ini.

Taman Nasional terancam oleh aktivitas ilegal seperti perburuan, penggembalaan ternak, eksploitasi kayu dan kebakaran semak, sehingga konservasi lahan sangat penting.

"Sangat penting untuk menyadari pentingnya sistem kawasan lindung Togo, yang bertindak sebagai benteng vital bagi keanekaragaman mamalia liar yang kaya. Kami berharap penemuan menarik kami, gambar hidup pertama Walters Duiker di alam liar, akan meningkatkan seruan untuk perlindungan lebih lanjut atas hutan dan sabana kami yang tersisa," papar Segniagbeto.

Melalui pemantauan area yang begitu dekat untuk waktu yang lama, para peneliti juga menemukan spesies langka lainnya, seperti aardvarks dan luwak yang disebut 'cusimanse', yang sebelumnya tidak pernah tercatat di Togo.