Setelah Tiga Ribu Tahun, Setan Tasmania Kembali ke Alam Liar Australia
Setan tasmania (Sumber: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Karnivora marsupial terbesar yang masih bertahan di dunia, tasmanian devil alias setan tasmania akhirnya kembali ke alam liar di daratan utama Australia. Ini adalah yang pertama dalam tiga ribu tahun terakhir.

Aktor Chris Hemsworth dan Elsa Pataky bergabung dengan kelompok konservasi sejak September. Kini keduanya ikut melepasliarkan sebelas setan tasmania ke suaka margasatwa di New South Wales.

Setan tasmania, yang ukurannya setara anjing kecil dikenal dan populer lewat karakter Taz dalam kartun Looney Tunes. Sejak 2008, setan tasmania dinyatakan terancam punah dan masuk 'daftar merah' PBB.

"Ini adalah pertama kalinya dalam tiga ribu tahun atau sekitar itu, setan tasmania menjelajahi hutan daratan Australia. Dan sebagai predator puncak, ini sangat penting," kata Tim Faulkner, presiden kelompok konservasi Aussie Ark, dikutip Antara, Selasa, 6 Oktober.

Aussie Ark, yang telah mengerjakan program konservasi bersama Global Wildlife Conservation dan WildArk telah membiakkan setan tasmania muda selama ini. Setelah pelepasliaran kali ini, mereka akan kembali melepas 20 ekor di tahun depan dan 20 ekor lain pada tahun berikutnya.

Faulkner menyebut kegiatan pelepasliaran setan tasmania itu sebagai momen "monumental" dalam membangun kembali ekosistem Australia. "Pelepasan devil-devil kali ini akan menjadi yang pertama dari banyak pelepasan," katanya.

"Kami telah membiakkan hampir 400 anak setan tasmania, dan kami sekarang berada pada titik di mana kami dapat melepaskan beberapa ekor untuk kembali ke alam liar," tambahnya.

Hemsworth mengatakan, "Kami telah memasang beberapa jebakan untuk menangkap setan tasmania dan kemudian kami akan melepaskan mereka ke alam liar."

Setan tasmania hampir punah dari daratan Australia setelah diburu oleh anjing dingo. Hewan-hewan marsupial itu dikurung di Pulau Tasmania. Namun, jumlah mereka di ekosistem itu juga telah menurun sejak 1990-an karena penyakit tumor wajah.

Australia memiliki tingkat kepunahan mamalia terburuk di dunia. Penangkaran kembali akan membantu negara itu menyeimbangkan kembali ekologi yang rusak akibat masuknya predator penyerang, kata Faulkner.

Setan tasmania atau sarcophilus harrisii adalah marsupial karnivora dari keluarga dasyuridae. Hewan tersebut dulunya berasal dari daratan Australia dan hanya ditemukan di alam liar di Negara Bagian Tasmania. Hewan itu sekarang telah diperkenalkan kembali ke New South Wales dengan populasi perkembangbiakan kecil.