Erik ten Hag Cari Kambing Hitam, Tunjuk VAR Biang Keladi Kekalahan Manchester United

JAKARTA - Erik ten Hag mengecam VAR di balik keputusan kontroversial yang membuat Jarrod Bowen membawa West Ham menang 2-1 atas Manchester United di Stadion London pada Minggu, 27 Oktober 2024.

The Red Devils mengira mereka telah berbuat cukup banyak untuk mendapatkan satu poin di London timur sebelum asisten wasit VAR, Michael Oliver, merekomendasikan pemeriksaan di lapangan untuk penalti menyusul tabrakan antara Matthijs de Ligt dan Danny Ings pada akhir waktu normal.

Meskipun kontak antara keduanya tampak ringan, wasit David Coote setuju dengan rekomendasi VAR untuk memberikan penalti yang dengan tenang dieksekusi Bowen untuk memperdalam penderitaan Manchester United.

"Jadi, pertama-tama, dalam sepak bola tidak selalu tim terbaik yang menang. Hari ini jelas dan bukan cara kerja VAR."

"Cara mereka bekerja, cara mereka menjalankan proses. Sebelum musim dimulai, mereka menjelaskan proses VAR dan baru setelah jelas dan nyata mereka boleh ikut campur."

"Jadi, apa yang tidak mereka lakukan terhadap Spurs, yang seharusnya mereka lakukan untuk ikut campur dalam kartu merah Bruno (Fernandes)."

"Itu keputusan yang salah dan sekarang mereka membuat keputusan yang salah lagi, ikut campur, dan keduanya berdampak besar pada skor pertandingan," kata Ten Hag seperti dilansir ESPN.

Sempat ada dugaan wasit utama Coote takut dan dipengaruhi Oliver yang merupakan wasit lebih senior.

Namun, Ten Hag mencoba objektif

Ketika ditanya apakah menurutnya Coote lebih dipengaruhi dalam kasus ini oleh kedudukan Oliver sebagai wasit yang lebih senior, Ten Hag berkata:

"Saya tidak mengkritik personal, tetapi saya mengkritik prosesnya. Yang di luar lapangan jelas, VAR adalah Michael Oliver, tetapi juga yang di dalam lapangan."

"Anda harus membuat keputusan di saat-saat terakhir. Saya rasa dia melakukannya selama tiga menit untuk memutuskan dan membuat keputusan ini."

"Namun, kemudian Anda harus menunjukkan kepribadian yang hebat untuk mengingat keputusan ini," tutur pelatih asal Belanda itu.

Kekalahan itu membuat Manchester United turun ke posisi ke-14 klasemen Liga Inggris 2024/2025 setelah mereka disalip oleh West Ham.

Anak asuh Ten Hag hanya memenangi tiga dari sembilan pertandingan pertama Liga Inggris musim ini, sesuatu yang menurut Ten Hag sebagian disebabkan oleh kurangnya keberuntungan.

"Saat ini, keberuntungan jelas tidak berpihak pada saya, tetapi ini bukan tentang saya, ini tentang tim, dan ini bukan di pihak kami."

"Musim lalu tidak berbeda, tetapi pada akhirnya kami membalikkan keadaan. Kami (dulu) begitu bertekad bahwa hal yang sama akan terjadi hari ini."

"Namun, kami harus membalikkan keadaan dan ini akan berubah jika kami terus bermain seperti yang kami lakukan sekarang. Di jadwal ini melawan Brentford, Fenerbahce, dan West Ham, kami memainkan sepak bola yang sangat bagus," kata Ten Hag lagi.

Terlepas dari itu, Manchester United menjamu Leicester City di babak 16 besar Piala Carabao pada Kamis, 31 Oktober 2024, sebelum menghadapi tim Chelsea yang sedang dalam performa terbaik di Old Trafford pada tanggal 3 November 2024.