Huawei MatePad Pro 12.2 Inci Resmi Dirilis, Tablet Flagship untuk Desain Grafis

JAKARTA – Huawei resmi meluncurkan dua perangkat baru pada Kamis, 24 Oktober di acara Innovative Product Launch. Dua perangkat tersebut adalah Huawei MatePad Pro 12.2 inci dan Huawei Watch D2. 

Edy Supartono, Training Director Huawei Device Indonesia, menjelaskan bahwa Huawei MatePad Pro terbaru dirancang untuk seluruh kalangan, mulai dari pekerja di bidang seni digital hingga mahasiswa yang butuh perangkat fleksibel dengan fitur canggih. 

Selain mendukung kegiatan yang produktif, perangkat ini mendukung aktivitas di waktu senggang seperti menonton film, streaming musik, bermain game, dan masih banyak lagi. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, layar dan speaker-nya telah ditingkatkan. 

Edy mengatakan bahwa MatePad Pro 12.2 inci ini menggunakan layar OLED FullView Display dengan arsitektur tandem. Berkat layar tersebut, tablet ini memiliki resolusi 2,8K dengan refresh rate 114Hz yang diklaim lebih tinggi dari laptop pada umumnya. 

Layarnya juga sangat cerah dengan brightness peak 2000nits sehingga aman untuk digunakan di luar ruangan, bahkan untuk membuat desain bagi para pekerja. Ketika perangkat menggunakan layar yang sangat terang, energi konsumsinya hanya 33 persen. 

"Biasanya kalau layarnya terang, baterainya otomatis akan boros, tapi kalau ini (Huawei MatePad Pro 12.2 inci) enggak. Layarnya terang, baterainya tetap aman," Kata Edy. 

MatePad Pro 12.2 inci menggunakan bahan silk weaving craftmanship yang menurut Edy terasa halus seperti sutra yang berserat. Untuk beratnya, perangkat ini sangat ringan dengan berat 508 gram dan ketebalan 5,5 milimeter. 

Huawei MatePad Pro menghadirkan banyak fitur baru untuk aplikasi catatan, seperti colour change lasso untuk mengantisipasi warna pada teks dan Note Replay untuk merekam audio. Sementara itu, untuk kebutuhan desain, Huawei menyediakan lebih dari 150 preset brushes dan lebih dari 80 brush settings. 

Tablet dengan sistem HarmonyOS ini dibanderol dengan harga Rp13,999 juta untuk satu paket. Pengguna akan langsung mendapatkan tablet, Glide Keyboard dengan berat 420 gram, M-Pencil 3rd generation, mouse

Sementara itu, Huawei Watch D2 merupakan smartwatch ambulatory blood pressure pertama yang mendapatkan sertifikasi Medical Device Regulation (MDR) dari Eropa dan National Medical Products Administration (NMPA) dari China. 

Perangkat ini dirancang khusus untuk kesehatan pengguna dengan beberapa fitur, salah satunya pengukur tekanan darah. Smartwatch dengan harga Rp4,599 juta ini bisa mengakses fitur Health Community untuk memantau kesehatan pengguna Huawei watch lainnya. 

Jika Anda ingin membandingkan perangkat lainnya dengan MatePad Pro 12.2 inci, ada banyak perangkat yang bisa Anda cari. Sebagai alternatif, berikut ini beberapa model perangkat yang bisa Anda cek. 

  • Xiaomi Pad 6 Pro: Perangkat ini memiliki layar IPS 11 inci dengan refresh rate 144Hz. Baterai perangkatnya 8.600 mAh dan mendukung pengisian daya 67W.
  • Samsung Galaxy Tab S9: Perangkat ini menggunakan Dynamic AMOLED 2X dengan refresh rate 120Hz. Bobot perangkatnya standar, yaitu hanya 498gram.