6 Bumbu Dapur yang Cepat Menurunkan Berat Badan

JAKARTA - Memiliki tubuh yang ideal dan langsing menjadi dambaan semua orang, terutama perempuan. Sebagian orang rela melakukan diet sehat untuk menurunkan berat badan. Anda bisa mencoba diet alami tanpa obat dengan mengonsumsi bumbu dapur alami atu rempah-rempah yang ada di rumah.

Tak hanya menjadi tambahan dalam masakan, ada beberapa bumbu dapur yang memiliki manfaat luar biasa. Berikut adalah 6 bumbu dapur yang dipercaya dapat menurunkan berat badan dengan cepat, seperti dilansir dari laman Times of India pada Senin, 21 Oktober 2024.

1. ​Kunyit

Kunyit memiliki sifat antibakteri, antiradang, dan antivirus serta kaya akan antioksidan. Kunyit membantu menambah kehangatan pada tubuh dalam sekejap. Kunyit meningkatkan sistem pencernaan dan membantu meningkatkan metabolisme. Anda dapat menggunakan kunyit dalam kari, teh, atau hanya dengan air.

2. ​Kayu manis

Dari smoothie, memanggang kue hingga kari, kayu manis digunakan dalam membuat berbagai hidangan. Kayu manis mengandung banyak antioksidan dan sifat antiradang. Mengonsumsi air kayu manis setiap pagi dapat meningkatkan laju metabolisme dan menghasilkan penurunan berat badan yang cepat.

Jika seseorang resisten terhadap insulin, karbohidrat dikonsumsi akan diubah menjadi gula tidak dapat dimetabolisme hingga jumlah yang dibutuhkan dan diubah menjadi lemak. Kayu manis dapat membantu memutus siklus ini, dengan demikian hal ini dapat menurunkan berat badan.

3. Biji adas

Biji adas biasanya dikonsumsi setelah makan. Biji adas dianggap sebagai penyegar mulut dan membantu pencernaan. Biji adas dapat membantu menekan rasa lapar dan dengan demikian menghentikan Anda dari makan berlebihan. Anda dapat menambahkannya ke dalam teh atau kari di pagi hari.

Biji adas juga kaya akan vitamin A, C, dan D beserta antioksidan. Semua ini membuka jalan menuju penurunan berat badan yang sehat.

4. Biji jintan

Satu sendok teh biji jintan yang direndam semalaman dapat mempercepat penurunan berat badan. Anda dapat menambahkan kunyit ke dalam kari, roti, sup, dan kacang-kacangan. Biji jintan kaya akan serat, yang membuat kenyang lebih lama dan mencega makan berlebihan.

Biji jintan dapat membantu mengurangi asupan lemak dan kalori dari makanan. Biji jintan membuat kenyang lebih lama dan menekan keinginan makan, yang merupakan hambatan terbesar selama penurunan berat badan.

5. Kapulaga

Mengonsumsi kapulaga dengan air hangat di malam hari dapat membantu meningkatkan laju metabolisme. Kapulaga mengandung melatonin, yang penting untuk meningkatkan laju metabolisme. Laju metabolisme yang tinggi membantu tubuh membakar lemak lebih cepat dan melepaskan lebih banyak energi. Dengan demikian, kapulaga merupakan rempah-rempah yang sehat untuk melawan obesitas.

6. Lada hitam

Dari melegakan hidung tersumbat hingga membantu menurunkan berat badan, lada hitam memiliki berbagai manfaat kesehatan. Untuk menghilangkan berat badan, Anda dapat menambahkan sejumput lada hitam ke dalam teh hijau dan meminumnya dua hingga tiga kali sehari. Fitonutrie dalam lada hitam juga membantu membakar lemak berlebih.