6 Makanan Terbaik yang Membantu Menurunkan Berat Badan
Ilustrasi makanan terbaik membantu menurunkan berat badan (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menurunkan berat badan mesti didukung oleh banyak faktor. Selain menjalankan pola hidup yang aktif, juga diperlukan nutrisi yang mendukung metabolisme sekaligus membantu menurunkan berat badan.

Makanan yang membantu Anda kenyang lebih lama, bisa menekan keinginan makan lebih banyak. Dengan begitu, orang harus memilih makanan secara tepat yang menyediakan protein dan serat. Berdasarkan temuan penelitian, Anda perlu membatasi makanan yang digoreng, makanan dengan tambahan gula, daging tinggi lemak, dan makanan olahan saat mencoba menurunkan berat badan. Untuk itu, berikut daftar makanan terbaik yang membantu penurunan berat badan.

1. Telur

Telur adalah makanan populer, terutama untuk sarapan, yang dapat membantu menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa pria yang makan pagi dengan telur lebih lama kenyang daripada yang sarapan bagel. Mereka juga lebih sedikit makan pada jam makan selanjutnya. Pria yang sarapan telur ini, mengalami lebih sedikit perubahan kadar gula darah dan insulin serta kadar ghrelin lebih rendah.

makanan terbaik membantu menurunkan berat badan
Ilustrasi makanan terbaik membantu menurunkan berat badan (Freepik/jcomp)

2. Oatmeal

Penelitian lainnya, menunjukkan bahwa makan oatmeal lebih kenyang. Selain itu asupan kalori pada makan siang akan lebih rendah setelah makan oatmeal. Penting diketahui, oatmeal dan sereal adalah dua hal yang berbeda. Oatmeal lebih banyak kandungan protein daripada sereal. Selain juga lebih banyak mengandung serat.

3. Buncis, lentil, dan kacang polong

Sebagai kelompok makanan, buncis, lentil, dan kacang polong dikenal sebagai kacang-kacangan. Mereka dapat mempengaruhi penurunan berat badan karena efeknya pada rasa kenyang, serta kandungan protein dan seratnya. Melansir Medical News Today, Rabu, 31 Mei, kacang-kacangan mirip dengan oatmeal, yang mengandung serat larut untuk memperlambat pencernaan dan penyerapan.

4. Kacang

Peneliti melibatkan Wanita dengan kelebihan berat badan yang membandingkan diet penurunan berat badan yang dilengkapi dengan 50 gram almond. Setelah tiga bulan, wanita dalam kelompok almond kehilangan berat badan secara signifikan daripada banyak wanita yang diet tanpa mengonsumsi kacang.

makanan terbaik membantu menurunkan berat badan
Ilustrasi makanan terbaik membantu menurunkan berat badan (Freepik/jcomp)

Kacang mengandung protein dan serat, yang dapat membantu menjelaskan pengaruhnya terhadap berat badan. Makanan ini juga mengandung lemak yang menyehatkan jantung dan nutrisi bermanfaat lainnya.

5. Alpukat

Alpukat adalah buah yang menyediakan serat dan lemak bermanfaat, serta banyak nutrisi lainnya. Buah ini juga dapat membantu manajemen berat badan. Menurut penelitian, orang-orang yang makan alpukat memiliki pola makan yang lebih sehat secara keseluruhan dan mengonsumsi gula tambahan yang jauh lebih sedikit daripada mereka yang tidak. Demikian pula, risiko mereka untuk sindrom metabolik lebih rendah daripada mereka yang tidak mengonsumsi alpukat.

6. Berry

Serat telah dikaitkan dengan manajemen berat badan, dan buah beri cenderung menjadi salah satu buah dengan serat tertinggi. Satu cangkir raspberry atau blackberry menyediakan 8 gram serat. Buah beri bisa ditambahkan ke banyak makanan, seperti oatmeal, yogurt, atau salad.

Selain enam makanan terbaik yang membantu menurunkan berat badan, sayuran silangan juga bisa ditambahkan dalam menu diet Anda. Sayuran silangan diantaranya adalah brokoli, kembang kol, kubis, dan brussel. Pada prinsipnya, makanan yang membantu menurunkan berat badan adalah makanan mengandung protein, serat, dan nutrisi lainnya yang mendukung diet Anda.