Bagikan:

JAKARTA - Protein dan karbohidrat bukan satu-satunya makronutrien yang perlu dipertimbangkan saat mencari camilan berprotein tinggi dan rendah karbohidrat terbaik untuk menurunkan berat badan. Anda juga perlu mempertimbangkan kalori, lemak, dan serat.

Toby Amidor, MS, RD, CDN, FAND, pakar nutrisi pemenang penghargaan, merekomendasikan pembatasan camilan penurun berat badan hingga 125-150 kalori. Camilan tersebut juga harus mengandung setidaknya dua dari nutrisi ini—serat, lemak sehat, dan protein—untuk membantu Anda tetap kenyang lebih lama, karena makronutrien ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna atau melewati usus, sehingga membantu Anda tetap merasa kenyang.

Untuk membantu Anda memulai, VOI telah mengumpulkan informasi dari laman Eat This, Kamis, 29 Agustus terkait ide camilan tinggi protein rendah karbo. Yang cocok buat menurunkan berat badan.

Keju cottage

Keju cottage merupakan sumber protein dan kalsium yang sangat baik. Keju cottage juga rendah karbo, sehingga menjadi camilan tepat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Keju cottage bisa dimakan langsung atau padukan dengan buah rendah karbohidrat seperti rasberi (7 gram karbohidrat per 1/2 cangkir), stroberi (5 gram karbohidrat per 1/2 cangkir), atau melon (6 gram karbohidrat per 1/2 cangkir) untuk menambah rasa dan nutrisi.

Plain greek yogurt

"Plain greek yogurt menyediakan 15–17 gram protein berkualitas tinggi per porsi 6 ons, tergantung merek," kata Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD, penulis The Sports Nutrition Playbook. 

"Meski protein akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama, probiotik dalam yogurt juga dapat membantu menjaga kesehatan usus. Greek yogurt juga menyediakan kalsium. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, pertimbangkan menggunakan Greek yogurt sebagai bahan dasar saus, smoothie, dan bahkan dalam makanan panggang untuk menambah protein dengan kalori yang lebih sedikit."

Telur rebus

Telur rebus adalah camilan berprotein tinggi yang sempurna untuk membantu Anda merasa kenyang sepanjang hari. 

"Telur bermanfaat menurunkan berat badan karena telur mengandung banyak kolin, yang membantu mendukung metabolisme," kata Ashley Harpst, RD, pemilik Go for the Gold Nutrition. Coba taburi dengan bumbu garam dan merica untuk menambah rasa.

Kacang pistachio

"Pistachio adalah sumber nutrisi yang sangat baik dan salah satu pilihan kacang dengan kalori terendah!" kata Caroline Thomason, RD, CDCES. "Satu ons pistachio mengandung 160 kalori, 3 gram serat, dan 6 gram protein. Pistachio rendah karbohidrat dan menawarkan sumber energi yang baik bagi orang-orang yang memperhatikan kadar gula darah."

Edamame

Edamame atau kacang kedelai muda merupakan pilihan tepat camilan lezat yang dapat dinikmati panas atau dingin. Anda dapat menemukan versi sudah dikupas di rak freezer, yang mudah dicairkan dan diolah sebagai camilan berprotein tinggi dan rendah karbohidrat.

Kacang kenari panggang

Kacang kenari panggang mengandung banyak asam lemak omega-3 ALA—alias lemak 'baik' yang mendukung kesehatan secara keseluruhan. Kacang kenari juga merupakan sumber serat dan protein nabati, yang menyediakan keseimbangan makronutrien yang mengenyangkan. Kacang kenari dapat ditambahkan ke banyak camilan sehat, seperti campuran makanan ringan, salad buah, atau yogurt.

Keju string

Anda bisa menurunkan berat badan dengan tetap konsumsi keju. Meski sebagian besar keju keras cenderung rendah karbohidrat, trik untuk menemukan keju yang juga tinggi protein adalah mencari keju dengan kadar air rendah, karena jenis ini cenderung memiliki lebih banyak protein per sajian. Jika Anda menyukai mozzarella, Amidor menyarankan untuk mengemil sepotong keju string yang bisa langsung dimakan. Juga, pertimbangkan menambahkannya dengan irisan pir segar untuk camilan seimbang, mengenyangkan, dan tinggi protein serta rendah karbohidrat.