6 Alasan Ayah Lebih Sayang dengan Anak Perempuan

YOGYAKARTA - Hubungan antara ayah dan anak perempuan sering kali digambarkan sebagai salah satu ikatan yang paling kuat dan istimewa.

Banyak yang beranggapan bahwa ayah cenderung lebih sayang dan protektif terhadap anak perempuan mereka. Kenapa ayah lebih sayang kepada anak perempuan ternyata memiliki beberapa alasan. 

Alasan ayah lebih sayang dengan anak perempuan

Ada berbagai alasan mengapa ayah cenderung lebih sayang kepada anak perempuan, mulai dari naluri pelindung, hubungan emosional yang lebih dalam, hingga pengaruh faktor evolusi dan sosial. 

1. Peran naluriah sebagai pelindung

Secara naluriah, ayah memiliki insting untuk melindungi keluarganya, dan insting ini sering kali lebih kuat saat berhadapan dengan anak perempuan. Anak perempuan dianggap lebih rentan dan memerlukan perlindungan lebih dibandingkan anak laki-laki. 

Oleh karena itu, rasa sayang yang besar ini sering diungkapkan dalam bentuk keinginan ayah untuk menjaga dan melindungi anak perempuannya dari segala bahaya.

2. Hubungan emosional yang lebih dalam

Penelitian menunjukkan bahwa ayah cenderung memiliki hubungan emosional yang lebih dalam dengan anak perempuan dibandingkan dengan anak laki-laki. Ayah seringkali lebih peka dan responsif terhadap perasaan anak perempuannya, sehingga tercipta hubungan yang lebih hangat dan akrab. 

Ketika anak perempuan menunjukkan kasih sayang atau mengungkapkan perasaan mereka, ayah merasa lebih terhubung secara emosional.

3. Ayah sebagai role model

Bagi banyak anak perempuan, ayah adalah figur pertama yang mereka jadikan panutan tentang bagaimana seharusnya seorang laki-laki bersikap. Ayah berperan penting dalam membentuk pandangan anak perempuan tentang hubungan dan cinta di masa depan. 

Sebagai balasannya, ayah merasa memiliki tanggung jawab yang besar untuk menjadi teladan yang baik bagi anak perempuannya. Perlakuan yang diberikan dari ayah kepada anak perempuannya tersebut menumbuhkan perasaan sayang yang kuat.

4. Pengaruh evolusi dan faktor sosial

Dari sudut pandang evolusi, para ahli psikologi berpendapat bahwa pria mungkin memiliki kecenderungan untuk lebih terikat secara emosional kepada anak perempuan karena faktor-faktor genetika dan survival. 

Ayah mungkin merasa lebih bertanggung jawab untuk menjaga dan melindungi anak perempuan sebagai bentuk penerusan keturunan yang lebih baik. Selain itu, faktor sosial juga berperan dalam hal ini. Misalnya dalam banyak budaya, ayah diajarkan untuk bersikap lembut dan perhatian terhadap anak perempuan.

5. Hubungan ayah-anak yang unik

Hubungan ayah dengan anak perempuan sering kali dibentuk dari pengalaman dan momen kebersamaan unik. Biasanya pengalaman antara anak perempuan dengan ayahnya memiliki perlakuan dan kesan yang berbeda dari hubungan ayah dengan anak laki-laki. 

Misalnya ayah cenderung terlibat dalam kegiatan yang lebih lembut dan penuh kasih saat bersama anak perempuan, seperti bermain boneka atau mengobrol tentang perasaan. Aktivitas-aktivitas ini membantu memperkuat ikatan emosional antara ayah dan anak perempuan.

6. Menghadapi tantangan yang berbeda

Seiring bertambahnya usia, ayah mungkin merasa lebih protektif terhadap anak perempuan karena tantangan yang berbeda yang mungkin dihadapi anak perempuan di masyarakat. 

Ayah sering kali merasa perlu membimbing dan melindungi anak perempuannya dalam menghadapi masalah-masalah sosial, seperti hubungan asmara, pergaulan, atau bullying. Hal ini dapat membuat ikatan antara ayah dan anak perempuan menjadi lebih kuat.

Demikianlah beberapa alasan kenapa ayah lebih sayang kepada anak perempuan. Hubungan antara ayah dan anak perempuan merupakan ikatan yang sangat kuat dan istimewa. Meski demikian, setiap hubungan antara ayah dan anak-anak laki-laki maupun perempuan selalu menunjukkan kasih sayang. Baca juga cara berkomunikasi dengan anak yang beranjak remaja.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.