YouTube Kini Tampilkan Label 'Diambil dengan Kamera' di Halaman Video

JAKARTA – YouTube mulai menampilkan label baru di halaman pemutaran video untuk menunjukkan jenis perangkat yang digunakan kreator dalam merekam video. Label ini ditampilkan di atas menu Transkrip.

Berdasarkan laporan The Verge, label ini akan menampilkan keterangan 'Diambil dengan kamera' jika kreatornya memang menggunakan kamera. Label ini bisa dilihat di konten video milik saluran YouTube Trupic yang diunggah pada Selasa, 15 Oktober. 

Pemilik saluran menjelaskan bahwa mereka merupakan video autentik pertama yang menggunakan Kredensial Konten Coalition for Content Provenance and Authenticity (C2PA) di YouTube. Artinya, label ini dibuat menggunakan standar C2PA.

Standar ini digunakan untuk mendeteksi keaslian dari video yang diunggah. Jika kreator tidak menggunakan perangkat perekaman dan alat yang mendukung metadata, C2PA tidak bisa mendeteksi video dan YouTube tidak dapat memberikan label.

Lebih jelasnya lagi mengenai label baru ini, halaman bantuan Google mengatakan bahwa label ini diberikan untuk, "menandakan bahwa kreator menggunakan teknologi tertentu untuk memverifikasi asal video mereka dan mengonfirmasi audio dan visualnya."

Sementara itu, juru bicara Google mengatakan kepada The Verge bahwa kreator tidak perlu mengedit video untuk mendapatkan label ini. Mereka hanya perlu mengikuti proses yang mendukung C2PA dan menghindari suntingan yang dapat memutus asal-usul video.

Pengeditan yang membuat video tidak kompatibel dengan standar C2PA, baik versi 2.1 maupun di atasnya, juga dapat menghilangkan label. Dengan beberapa ketentuan ini, label alat perekaman tidak akan muncul di seluruh video YouTube.