Deretan Fitur Terbaru yang Bisa Diakses di Android 15

JAKARTA – Google mulai merilis Android 15 ke sejumlah perangkat Pixel pada Selasa, 15 Oktober. Pembaruan sistem operasi (OS) ini akan menyertakan banyak fitur baru, seperti fitur keamanan dan kesehatan.

Melalui versi Android terbaru ini, Google ingin menghadirkan sistem yang lebih baik dan tentunya aman bagi seluruh pengguna. Berikut ini deretan fitur yang baru Google tambahkan di Android 15. 

Kemampuan Mencegah Pencurian 

Google memperkenalkan fitur Kunci Deteksi Pencuri berbasis Kecerdasan Buatan (AI) di versi Android terbaru ini. Dengan adanya fitur ini, perangkat bisa terkunci secara otomatis saat mendeteksi gerakan yang tidak biasa, baik itu berlari maupun berkendara.

Selain mengunci perangkat, Android 15 juga menambahkan perlindungan tambahan yang dapat mencegah pencuri menebak kata sandi atau mengakses informasi yang sensitif. Misalnya seperti penambahan autentok biometrik untuk beberapa aktivitas.

Ruang Terpisah untuk Data Sensitif

Fitur berikutnya yang Google tambahkan adalah ruang kedua untuk menyimpan berbagai data pribadi atau sensitif. Di ruangan ini, pengguna bisa mengoperas aplikasi seperti biasanya atau menyimpan dan mengakses data-data penting.

Ruang kedua ini bisa diakses dengan mudah jika pengguna yang membukanya. Pasalnya, untuk memperkuat keamanan, Google menyertakan autentikasi tambahan sehingga tidak ada pengguna lain yang berusaha mengakses ruangan tersebut.

Kamera dan Pesan yang Disempurnakan

Di Android 15, kontrol kamera dan Low Light Boost kini menjadi lebih baik saat dioperasikan di tempat dengan kondisi cahaya yang redup. Tak hanya kamera utama, aplikasi pihak ketiga yang butuh akses ke kamera juga memilih kontrol kamera yang lebih baik. 

Sementara itu, aplikasi perpesanan operator kini bisa menggunakan konektivitas satelit dalam keadaan darurat. Jika tidak ada koneksi seluler atau Wi-Fi, pengguna masih bisa mengirimkan atau menerima pesan.